Rabu, 28 November 2018 18:02 WITA

Di Sini, Jaringan Internet Seluler Lebih Cepat Daripada WiFi

Editor: Suriawati
Di Sini, Jaringan Internet Seluler Lebih Cepat Daripada WiFi
INT

RAKYATKU.COM - Waktu terus berjalan dan banyak hal yang telah berputar 180 derajat, salah satunya kecepatan jaringan.

Menurut sebuah studi oleh OpenSignal, saat ini ada 33 negara yang memiliki kecepatan jaringan seluler yang lebih cepat daripada Wi-Fi.

Fakta ini merupakan kebalikan dari sepuluh tahun yang lalu, di mana jaringan Wi-Fi justru lebih kencang.

Perbedaan kecepatan jaringan terbesar ditemukan di Australia, dengan 13 megabit. Di negara ini, kecepatan WiFi rata-rata adalah 21,6 Mbps, sedangkan kecepatan jaringan seluler adalah 34,6 Mbps. 

Empat negara lainnya yang berada di lima besar jaringan seluler yang jauh lebih cepat daripada WiFi adalah Lebanon, Qatar, Oman dan Yunani.

Namun, negara-negara besar seperti AS dan Hong Kong masih mengunggulkan kecepatan WiFi. Tapi itu diprediksi akan berubah, karena jaringan seluler 5G  mulai diluncurkan.

OpenSignal juga menemukan empat negara yang kecepatan jaringannya tidak memiliki perbedaan signifikan antara WiFi dan jaringan seluler. Mereka adalah Hungaria, Bangladesh, Belgia, dan Norwegia.

OpenSignal mengatakan, hasil penelitian mereka menunjukkan bahwa operator seluler dan pembuat ponsel pintar perlu mengevaluasi kembali ketergantungan pada WiFi. Untuk saat ini, WiFi masih berkuasa karena biayanya lebih rendah dan kapasitasnya lebih di menara seluler.