Senin, 26 November 2018 03:00 WITA

Deretan HP yang Sebentar Lagi Tak Bisa Gunakan WhatsApp

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Deretan HP yang Sebentar Lagi Tak Bisa Gunakan WhatsApp

RAKYATKU.COM - WhatsApp (WA) saat ini menjadi aplikasi pesan yang populer. Hingga saat ini pengguna WhatsApp sudah mencapai 1,5 miliar orang di seluruh dunia. Salah satu pengguna terbesar adalah Indonesia.

Seluruh HP keluaran terbaru bisa digunakan untuk mengunduh WhatsApp. Namun, karena WA terus upgrade tidak semua HP bisa support. Terutama HP keluaran lama. Berikut ini beberapa ponsel yang tidak mensupport aplikasi pesan WA. Apa saja?

1. Nokia Symbian S40 dan S60

WhatsApp untuk Nokia S40 dan S60 tidak bisa digunakan sejak 30 Juni 2017. Perusahaan milik Facebook juga resmi menarik stiker pada perangkat lunak Nokia Symbian dan OS BlackBerry pada bulan Juli.

Hal ini terjadi setelah WhatsApp menunda dukungan terakhir untuk ponsel ini selama enam bulan, dari Desember 2016 hingga Juni 2017. Alasan di balik matinya support WhatsApp untuk ponsel Nokia dan BlackBerry lama adalah kedua ponsel ini tidak memiliki kemampuan yang dibutuhkan untuk menambahkan fitur baru pada aplikasi Whatsapp.

2. Windows 8.0

WhatsApp juga menghentikan supportnya untuk Windows 8.0 sejak Desember 2017. Mulai 1 Januari 2018, layanan messenger tidak akan tersedia di handset apa pun yang menjalankan Windows Phone 8.0 (atau versi sistem operasi yang lebih lama), BlackBerry OS atau BlackBerry 10.

Perusahaan WhatsApp juga membuat pengumuman dalam pembaruan untuk posting blog yang awalnya diterbitkan pada Februari 2016. "Meskipun perangkat seluler ini telah menjadi bagian penting dari kisah kami, mereka tidak menawarkan jenis kemampuan yang kami butuhkan untuk memperluas fitur aplikasi kami di masa mendatang," kata posting blog perusahaan tersebut.

"Jika Anda menggunakan salah satu perangkat seluler yang terpengaruh ini, sebaiknya perbarui ke Android, iPhone, atau Windows Phone yang lebih baru."

3. Blackberry

Pengguna ponsel Blackberry sudah tidak bisa menggunakan aplikasi WhatsApp setelah 31 Desember 2017. Meskipun begitu, masih ada perangkat Blacberry yang masih bisa menggunakan Whatsapp, yaitu Blackberry yang memiliki Rilis Perangkat Lunak 10.0.10.82 atau lebih baru, atau dikenal sebagai BB OS Versi 10.0.10.648.

"Jika versi OS BB Anda kurang dari 10.0.10.648, Anda harus menunggu pembaruan perangkat lunak dari operator seluler Anda. Umumnya, penyedia layanan seluler Anda bertanggung jawab untuk merilis pembaruan perangkat untuk ponsel BlackBerry 10 Anda." Seperti yang ditulis oleh perusahaan WhatsApp, dikutib Merdeka.

Loading...

4. Nokia S40

WhatsApp juga akan berhenti beroperasi pada Nokia S40 pada 31 Desember 2018. Alasannya, karena perangkat pada Nokia S40 sudah tidak memenuhi kriteria untuk pembaruan WhatsApp di masa depan. 

Pengumuman ini juga dituliskan oleh perusahaan pesan instan itu. "Anda tidak dapat lagi membuat akun baru atau memverifikasi ulang akun yang ada. Namun, Anda akan dapat terus menggunakan WhatsApp hingga 31 Desember 2018."

"Untuk menjalankan WhatsApp, Anda harus menggunakan telepon yang didukung. Silakan lihat di bawah ini untuk daftar perangkat yang didukung."

5. iPhone dengan iOS 7 ke bawah

Bagi pengguna iPhone dengan iOS 7 ke bawah sudah tidak lagi didukung di WhatsApp hingga 1 Februari 2020. WhatsApp juga menyebutkan bahwa pengguna iOS tertentu lainnya juga tidak akan diizinkan untuk membuat akun baru di WhatsApp mulai sekarang. Mereka hanya bisa menggunakan aplikasi perpesanan untuk jangka waktu tertentu.

WhatsApp mengatakan beberapa ponsel masih didukung jika melakukan perbaikan. Seperti pengguna iOS yang di-upgrade setidaknya iOS 8 ke atas.

6. Pengguna Android di atas 2.3.3 dan di bawah 2.3.7

Sama seperti pengguna Iphone dengan iOS 7 ke bawah, pengguna Android di atas 2.3.3 dan di bawah 2.3.7 juga sudah tak bisa menggunakan WhatsApp lagi pada 1 Februari 2020 nanti. 

Pengguna hanya bisa memakai WhatsApp jika melakukan perbaikan. Jika Anda adalah pengguna Android, tingkatkan Android Anda setidaknya ke Android 4.0 dan di atasnya.

Loading...
Loading...