Sabtu, 10 November 2018 15:25 WITA

Cegah Penyebaran Terorisme, Facebook Perkenalkan AI Anti-ISIS

Editor: Suriawati
Cegah Penyebaran Terorisme, Facebook Perkenalkan AI Anti-ISIS
INT

RAKYATKU.COM - Facebook mengatakan telah menggunakan teknologi AI (kecerdasan buatan) anti-ISIS untuk menghapus konten teroris dari platformnya.

Dalam sebuah pernyataan baru-baru ini, Facebook mengatakan telah menghapus 3 juta konten teroris dari situsnya pada kuartal ketiga. Jumlah itu turun dari 9,4 juta yang ditindaki pada kuartal kedua. 

"Pada Q2 dan Q3 kami menemukan lebih dari 99% konten ISIS dan al-Qaeda, sebelum dilaporkan oleh siapa pun di komunitas kami," kata Monika Bickert, kepala kebijakan global Facebook, dan Brian Fishman, kepala kebijakan kontraterorisme Facebook.

Perusahaan mengklaim bahwa teknologi barunya mampu mendeteksi postingan yang mungkin menandakan dukungan untuk ISIS atau al-Qaeda, dengan lebih cepat dari sebelumnya. 

AI itu bekerja dengan memberi skor pada setiap postingan, berdasarkan seberapa besar kemungkinannya melanggar kebijakan kontraterorisme perusahaan. Selanjutnya, itu memungkinkan peninjau manusia untuk memprioritaskan pos mana yang perlu diperhatikan terlebih dahulu. 

Dalam beberapa kasus, Facebook secara otomatis menghapus posting yang diberi skor 'sangat tinggi'. Terlebih lagi, algoritma Facebook sekarang dapat memahami sekitar 19 bahasa yang berbeda. 

Perusahaan mengatakan akan terus bekerja keras untuk menghapus konten teroris, dan menyerukan orang lain untuk memberantasnya di dunia nyata.

"Kami dapat mengurangi kehadiran terorisme di platform sosial utama, tapi menghilangkannya sepenuhnya membutuhkan kinerja orang-orang dan organisasi di dunia nyata," kata Bickert and Fishman.