Rabu, 07 November 2018 04:00 WITA

Starman dan Mobil Luar Angkasa Milik Tesla Sudah Lewati Planet Mars

Editor: Nur Hidayat Said
Starman dan Mobil Luar Angkasa Milik Tesla Sudah Lewati Planet Mars
Foto: SpaceX.

RAKYATKU.COM - Boneka Starman yang mengenakan kostum astronaut dan menumpang mobil listrik Tesla Roadster telah menempuh perjalanan panjang dalam sembilan bulan terakhir. Diketahui telah melewati planet Mars.

Perusahaan pembuat roket, SpaceX, sebagai pihak yang meluncurkan Starman dan Roadster yang mengumumkan itu. SpaceX menyampaikan benda ini telah melewati orbit Mars, Sabtu (3/11/2018).

Starman didesain agar seakan menjadi pengemudi Tesla Roadster. Mobil ini dilengkapi banyak kamera dan sensor. Gunanya untuk memantau kondisi mobil dan perjalanan panjangnya di luar angkasa.

Kelistrikannya diambil dari panel surya yang dibekali pada Roadster. Saat Starman dan Tesla Roadster diluncurkan Februari lalu, mobil ini diinformasikan memutar lagu Space Oddity milik Bowie secara berulang.

Starman dan Tesla Roadster adalah muatan dalam misi perdana peluncuran roket besar Falcon Heavy milik SpaceX pada Februari 2018 lalu. Ia sekarang mengorbit di luar angkasa dalam tata surya Bima Sakti.

Perjalanan Starman dan Roadster bisa dilacak di whereisroadster.com, situs web yang dibuat oleh Ben Pearson, pendiri Old Ham Media.

Berdasarkan studi pemodelan orbit luar angkasa, para penulis studi memprediksi Starman dan Roadster akan tiba dalam beberapa ratus ribu kilometer dari Bumi pada 2091. 

Starman kemungkinan akan berada dekat dengan Venus atau Bumi, dalam beberapa puluhan juta tahun mendatang. 

Peluangnya, 6 persen bagi Starman dan Roadster mencapai Bumi dalam 1 juta tahun ke depan, dan 2,5 persen kemungkinan untuk mencapai Venus. Demikian dikutip Space.com.

Tags