Senin, 05 November 2018 12:51 WITA

NASA Ciptakan Robot yang Bisa Buat Bahan Bakar Roket dari Tanah Mars

Editor: Suriawati
NASA Ciptakan Robot yang Bisa Buat Bahan Bakar Roket dari Tanah Mars
NASA

RAKYATKU.COM - Badan antariksa AS, NASA sedang mengembangkan robot yang dapat menggali tanah Mars dan mengubahnya menjadi bahan bakar roket.

Robot itu akan bekerja dengan menggali tanah dan mengubahnya menjadi metana, senyawa yang dapat menjadi bahan bakar roket masa depan.

Rencana ini bisa memecahkan masalah besar yang dihadapi NASA, yaitu menjadikan roket cukup ringan untuk sampai dan kembali dari Mars.

NASA Ciptakan Robot yang Bisa Buat Bahan Bakar Roket dari Tanah MarsKurt Leucht, pemimpin proyek ambisius itu mengatakan bahwa timnya sedang membangun sistem prototipe yang mereka juluki in situ resource utilisation atau ISRU.

Dikatakan bahwa robot itu akan bekerja dengan menghilangkan air dari tanah dan membaginya menjadi hidrogen dan oksigen.

Loading...

Robot itu kemudian akan menggabungkan hidrogen dengan karbon dari atmosfer Mars untuk menghasilkan metana, yang telah digembar-gemborkan oleh beberapa insinyur sebagai bahan bakar roket masa depan.

Metana lebih stabil daripada hidrogen cair, bahan bakar roket paling umum saat ini. Selain itu, metana dapat disimpan dalam tangki yang lebih kecil.

Nantinya, astronot yang mendarat di Mars akan menggunakan bahan bakar yang dihasilkan dari planet itu untuk terbang kembali ke Bumi.

"Teknologi ini suatu hari nanti akan memungkinkan manusia untuk hidup dan bekerja di Mars dan kembali ke Bumi untuk menceritakan kisahnya," tulis Leukh di IEEE Spectrum.

Tags
Loading...
Loading...