Minggu, 04 November 2018 03:30 WITA

Heboh Video Pohon Bernapas di Twitter, Begini Penjelasan Ilmiahnya 

Editor: Eka Nugraha
Heboh Video Pohon Bernapas di Twitter, Begini Penjelasan Ilmiahnya 

RAKYATKU.COM -- Akun twitter @DannyDutch mengunggah sebuah video seolah sebuah pohon di hutan Quebec, Kanada bernapas. Dalam video tersebut, pohon terlihat bergoyang dan gundukan tanah besar naik turun seolah-olah terangkat oleh sepasang paru-paru di dalamnya. 

"Tanah terlihat seperti sedang bernapas di hutan Quebec," tulisnya dalam akun twitternya. 
Peristiwa tersebut memang direkam di hutan Sacre-Coeur, Quebec, Kanada pada awal bulan Oktober. Tapi, peristiwa ini bukan sebuah gempa bumi atau "dengkuran" penunggu hutan.

Sederhananya, peristiwa ini disebabkan oleh angin."Selama hujan dan badai angin, tanah menjadi jenuh, 'melonggarkan' kohesi (sudut geser) tanah dengan akar-akar saat angin bertiup di atas mahkota pohon," ungkap Mark Vanderwouw, ahli perawatan dan penanaman pohon (arborist) di Kanada dikutip dari Live Science, Kamis (25/10/2018). 

Artinya, ini merupakan bentrokan beberapa elemen, yaitu angin dengan akat dan udara dengan Bumi. Pasukan angin tampaknya memenangkan pertempuran tersebut. Sehingga membuat tanah seolah-oleh terangkat dan mengempis. 

Memang pepohonan dan tanah benar-benar bernapas. Tetapi dengan cara yang sama sekali berbeda. Pohon bernapas dengan "menghirup" karbon dioksida (CO2) dari atmosfer untuk keperluan fotosintesis yang menghasilkan oksigen. Begitu juga dengan tanahnya. 

Peristiwa ini lazim disebut dengan respirasi tanah. Jadi, hutan memang bernapas tapi dengan cara yang tidak terlihat dengan mata kita.

Tags

Berita Terkait