Minggu, 04 November 2018 06:30 WITA

Nasa Luncurkan Satelit Kecil Pertama ke Mars

Editor: Eka Nugraha
Nasa Luncurkan Satelit Kecil Pertama ke Mars

RAKYATKU.COM --- NASA mengirimkan dua satelit kecil pertama ke luar angkasa. Ukurannya seperti kotak sepatu, dengan misi bersejarah ke Mars. 

Rencananya adalah berada di tempat yang tepat, pada waktu yang tepat, untuk menyaksikan pendaratan pesawat antariksa NASA di Planet Merah pada tanggal 27 November, sekitar pukul 03.00 WIB.

Pada saat yang sama, satelit Mars Cube One (MarCO) akan melewati 3.500 kilometer langsung di atas pesawat InSight dan memancarkan data kembali ke Bumi.

"Dua pesawat ruang angkasa - MarCO-A dan MarCO-B - akan melakukan pembentukan formasi yang sangat ketat dengan InSight," kata Brian Clement, yang bekerja pada proyek MarCO NASA di Laboratorium Tenaga Pendorong Jet seperti yang dilansir abc.net.

Menjelajah dengan kecepatan sekitar 66.000 km per jam, dua satelit tersebut saat ini hanya berjarak kurang dari 7 juta km dari tujuan mereka.

Tetapi bahkan sebelum mencapai Mars, satelit-satelit kecil tersebut -yang dijuluki Eve dan Wall-E -berfungsi melebihi kapasitas mereka..

Loading...

Ini adalah pertama kalinya pesawat ulang-alik kecil ini, yang dikenal sebagai CubeSats, telah melakukan perjalanan sejauh ini ke luar angkasa.

"Kami telah melakukan perjalanan pada titik ini hampir 480 juta km - itu adalah perjalanan yang sangat panjang untuk beberapa CubeSats," kata Dr Clement.

Pesawat antariksa NASA Mars InSight akan mendarat di Mars pada 27 November
Misi itu adalah yang pertama yang mempelajari bagian dalam Planet Merah. 

Dikemas ke dalam kotak berukuran 24cm x 36cm x 11cm adalah sistem propulsi (sistem pendorong), sistem navigasi, dua kamera dan baterai yang melekat pada dua panel surya dan antena berbentuk persegi panjang yang dikenal sebagai susunan reflektif.

Loading...
Loading...