Sabtu, 03 November 2018 09:40 WITA

Akhirnya, Smartphone Layar Lipat Pertama di Dunia Telah Dirilis

Editor: Suriawati
Akhirnya, Smartphone Layar Lipat Pertama di Dunia Telah Dirilis
PixelPay

RAKYATKU.COM - Akhirnya, smartphone layar lipat pertama di dunia telah dirilis. Namun itu bukan dari Samsung, LG, atau pun Lenovo yang selama ini sering diberitakan mengembangkan ponsel futuristik jenis ini.

Smartphone itu datang dari sebuah perusahaan berbasis di Silicon Valley, bernama Royole.

Dinamai FlexPai, smartphone ini memiliki layar super fleksibel yang dapat ditekuk dari tengah.

Ketika dibentangkan, FlexPai memiliki layar 7.8 inci. Sementara ketika dilipat, ponsel ini menyediakan tiga layar, bukan cuma dua.

Selain tampilan depan dan belakang, tulang belakang menyediakan layar kecil yang dapat menunjukkan panggilan masuk, pesan atau email.

Ponsel ini memiliki berat hanya 320g dan memiliki dua kamera di bagian atas.

Akhirnya, Smartphone Layar Lipat Pertama di Dunia Telah DirilisPixelPai diluncurkan di China minggu ini dan sekarang tersedia untuk pre-order. Tergantung pada spesifikasi, harga ponsel berkisar dari 8.999 yuan (Rp19,5 juta) hingga 12.999 yuan (Rp28,2 juta) di China, baik untuk model konsumen atau model pengembang. 

Namun, hanya model pengembang yang dirilis di luar China.

CEO Royole, Bill Liu mengatakan bahwa layar PixelPai dikembangkan hanya oleh timnya. Mereka telah menjalankan tes layar selama sekitar tiga tahun dan memiliki lebih dari 2.000 hak kekayaan intelektual.

Liu adalah pengusaha China dengan gelar PhD di bidang Teknik Elektro dari Stanford University. Dia mendirikan perusahaannya enam tahun lalu dengan kantor di Amerika Serikat dan China.

Peluncuran FlexPai telah mengejutkan banyak pengamat industri. Sudah banyak spekulasi bahwa Samsung atau Huawei akan menjadi perusahaan pertama yang meluncurkan ponsel lipat.

Samsung diperkirakan akan mengadakan konferensi pengembang di San Francisco Rabu depan, yang kemungkinan akan mengungkap pratinjau teknologinya.

Sementara CEO Huawei Richard Yu mengatakan pada bulan September bahwa mereka sedang mengembangkan ponsel dengan layar lipat, dan bahwa itu akan rilis tahun depan.