Rabu, 31 Oktober 2018 14:12 WITA

Lebih 9 Tahun Berburu Planet, Teleskop NASA Akan Pensiun

Editor: Suriawati
Lebih 9 Tahun Berburu Planet, Teleskop NASA Akan Pensiun
INT

RAKYATKU.COM - Kepler, teleskop luar angkasa NASA akan pensiun setelah menjalankan misi selama sembilan setengah tahun.

Dia telah mendeteksi ribuan planet di luar tata surya dan mendorong pencarian tempat baru yang mungkin mendukung kehidupan.

NASA meluncurkan teleskop Kepler pada 6 Maret 2009, untuk mempelajari apakah planet-planet lain mirip Bumi, yang mungkin mendukung kehidupan manusia.

Selama misinya, Kepler menemukan 5580 planet. Angka itu termasuk sekitar 50 yang mungkin memiliki ukuran dan suhu yang sama dengan Bumi.

Pada tahun 2014, sistem pemosisiannya rusak, namun para ilmuwan menemukan cara untuk membuatnya tetap beroperasi.

Tapi teleskop itu sekarang kehabisan bahan bakar. Dengan demikian, alat itu tidak bisa lagi melakukan operasi lebih lanjut sehingga akan dipensiunkan.

Kepler saat ini mengorbit matahari 156 juta kilometer dari Bumi. NASA mengatakan bahwa alat itu akan melayang lebih jauh dari planet kita ketika para insinyur mematikan pemancar radio.

"Meskipun ini mungkin merupakan peristiwa yang menyedihkan, bukan berarti kami tidak senang dengan kinerja mesin yang luar biasa ini," kata Charlie Sobeck, insinyur sistem proyek di Ames Research Center NASA di California.

"Penerbangan Kepler selama sembilan setengah tahun lebih dari dua kali lipat dari target semula," katanya.

Kepler digantikan oleh NASA Exitlanet Survey Satellite, atau TESS, yang diluncurkan pada bulan April. TESS adalah misi dua tahun bernilai $337 juta.

Tags