Selasa, 30 Oktober 2018 14:58 WITA

Sophia Jadi Robot Pertama di Dunia yang Diberikan Visa

Editor: Suriawati
Sophia Jadi Robot Pertama di Dunia yang Diberikan Visa
Sophia

RAKYATKU.COM - Sophia, robot AI humanoid yang memiliki kepala mirip manusia dan wajah realistis yang mampu berkedip dan berbicara telah diberikan visa robot pertama di dunia.

Dia saat ia memulai tur dunia dan baru saja berhenti di Azerbaijan. Sophia diberikan visa pada saat kedatangannya di Baku International Airport.

Dia berada di Azerbaijan untuk konferensi teknologi, di mana dia menjadi pembicara utama.

Selama kunjungannya di sana, Shopia juga bertemu dengan presiden negara Caucasus, Ilham Aliyev.

"Mr President, saya senang bertemu dengan Anda. Azerbaijan telah membuat saya takjub," kata Sophia ketika dia bertemu Aliyev di kota Imishli, Azerbaijan selatan, pekan lalu.

"Saya telah melihat gaya arsitektur khas Baku, bangunan modern dan pencapaian teknologi lainnya."

Sophia Jadi Robot Pertama di Dunia yang Diberikan VisaSementara itu Aliyev memberitahu Shopia bahwa "terlepas dari jadwal sibuk Anda, Anda telah mengunjungi Azerbaijan dan itu sangat menggembirakan kami," kata Aliyev.

Shopia juga menghadiri upacara pembukaan pusat layanan baru yang dibangun oleh Azerbaijan Service and Assessment Network (Asan), platform e-government negara itu.

Sophia memiliki wajah mirip Audrey Hepburn, dan dirancang oleh perusahaan Hong Kong Hanson Robotics.

Dia juga menjadi robot pertama di dunia yang diberikan hak hukum di sebuah acara di Arab Saudi tahun lalu.

Meskipun Sophia memiliki beberapa kemampuan yang mengesankan, dia belum memiliki kesadaran, dan tidak jelas berapa banyak AI yang mendorong gerakan dan pidatonya.

Tags