Senin, 29 Oktober 2018 12:52 WITA

Perluncuran Roket Swasta dari China Gagal Capai Orbit

Editor: Suriawati
Perluncuran Roket Swasta dari China Gagal Capai Orbit
Roket China ZQ-1 lepas landas dari Pusat Peluncuran Satelit Jiuquan (Foto: VCG via The Guardian)

RAKYATKU.COM - Upaya pertama oleh perusahaan swasta China untuk mengirim roket ke ruang angkasa telah gagal untuk mencapai orbit.

Roket tiga-tahap, Zhuque-1 (ZQ-1) dikembangkan oleh Landspace, sebuah perusahaan yang berbasis di Beijing. 

Dalam posting mikroblog, Landspace mengatakan bahwa tahap pertama dan kedua roket ZQ-1 bekerja secara normal, tapi ada sesuatu yang salah pada tahap tiga.

ZQ-1 adalah roket tiga tingkat pertama yang dibangun oleh perusahaan swasta di China.

Sebuah video yang dipublikasikan oleh media China menunjukkan roket merah-putih setinggi 19 meter diterbangkan menuju langit biru.

Perluncuran Roket Swasta dari China Gagal Capai OrbitMenurut laporan The Guardian, roket lepas landas dari Pusat Peluncuran Satelit Jiuquan dan membawa satelit bernama Future untuk televisi pemerintah China Central Television (CCTV).

Landspace didirikan pada tahun 2015 dan bertujuan untuk menjadi perusahaan swasta China pertama yang mengirim satelit ke orbit.

Perluncuran Roket Swasta dari China Gagal Capai OrbitSaat ini, perusahaan swasta yang terdepan dalam penerbangan ruang angkasa adalah SpaceX. Selama akhir pekan, mereka mengatakan telah menyelesaikan uji coba booster Falcon 9 yang akan digunakan dalam misi berawak komersial NASA.

Tags