Senin, 29 Oktober 2018 11:12 WITA

Waspadai Malware Saat Mengunduh Google Chrome!

Editor: Suriawati
Waspadai Malware Saat Mengunduh Google Chrome!
INT

RAKYATKU.COM - Pemilik Windows 10 PC baru harus berhati-hati ketika mengunduh Google Chrome melalui Microsoft Edge!

Menurut laporan Digital Trends, Bing rupanya mengarahkan hasil pencarian ke laman yang mengandung malware dan adware.

Masalah ini ditemukan oleh pengguna Twitter bernama Gabriel Landau. Dalam video yang dia diposting di akun Twitter-nya, dia menunjukkan bagaimana dia mencari "unduh chrome" di Bing melalui browser Microsoft Edge.

Dia mengeklik tautan pertama yang muncul, yang tampak seperti dari google.com dan mengarahkan ke laman unduhan Google Chrome yang sah.

Namun, setelah diperiksa lebih dekat, URL laman tersebut adalah googleonline2018.com. Laman itu bukan laman resmi Google Chrome, tapi bisa mengelabui pengguna.

Selain itu, mengeklik tombol Unduh Chrome akan memulai pengunduhan ChromeSetup.exe. Tapi rupanya aplikasi itu ditandatangani secara digital oleh perusahaan bernama Kriteria Alpha, yang jelas bukan Google. Sangat mungkin bahwa file palsu itu mengandung malware.

Sebuah penyelidikan oleh How To Geek mengungkapkan bahwa situs palsu itu sebenarnya ditandai sebagai “situs menipu” oleh Google Chrome, tapi tidak ditandai seperti itu oleh Microsoft Edge dan Bing.

Masalah utama di sini adalah bahwa Bing tampaknya tidak memeriksa URL hasil pencarian, sehingga memungkinkan malware untuk diunduh oleh pengguna yang tidak curiga.

Loading...