Minggu, 28 Oktober 2018 09:25 WITA

Ulama Kurdistan Keluarkan Fatwa Terhadap Game Online PUBG

Editor: Suriawati
Ulama Kurdistan Keluarkan Fatwa Terhadap Game Online PUBG
INT

RAKYATKU.COM - Para pemimpin Islam di Wilayah Kurdistan, Irak telah mengeluarkan fatwa terhadap video game PlayerUnknown's Battlegrounds (PUBG).

Para ulama khawatir game itu bisa membuat orang-orang 'terobsesi', sehingga mengeluarkan fatwa bahwa permainan itu haram.

PUBG adalah permainan multiplayer online, yang dikenal sebagai Battle Royale, yang memiliki konsep kompetisi yang mirip dengan film The Hunger Games.

Pemain diterjunkan ke sebuah pulau untuk mencari senjata dan bertarung satu sama lain sampai hanya satu pemain yang bertahan.

PUBG telah menciptakan budaya sendiri di antara komunitas game dan telah menjadi salah satu permainan online terbesar. 

Game ini juga cukup populer di kalangan anak-anak muda Kurdistan.

Namun permainan ini dilihat sebagai sesuatu yang buang-buang waktu. Masalah hubungan juga telah dilaporkan sebagai akibat dari permainan.

Contohnya, pasangan suami istri bercerai setelah sang istri menolak untuk menyumbangkan darah ke karakter suaminya dalam permainan, tapi memberikannya kepada pemain lain yang tidak dikenal.

Laporan-laporan tentang sifat-sifat 'obsesif' seperti itu membuat para pemimpin agama Kurdi khawatir dan menyebabkan mereka melarang permainan itu.

Irfan Rasheed, ketua komite fatwa di Sulaymaniyah, mengatakan, "kami memutuskan bahwa bermain PUBG adalah haram karena telah menyebabkan sejumlah besar orang terobsesi dan membuang waktu mereka."