Minggu, 28 Oktober 2018 04:00 WITA

Inilah Tujuh Fakta Unik dari Belanja Online

Editor: Eka Nugraha
Inilah Tujuh Fakta Unik dari Belanja Online

RAKYATKU.COM -- Kemajuan teknologi benar-benar mengubah dunia dalam waktu singkat. Kehadiran toko online di Indonesia memperlihatkan kekuatan kemajuan teknologi itu. Pasar adalah yang paling merasakan dampak kemajuan teknologi ini. Dalam waktu singkat, pasar konvensional terpaksa harus berhadapan dengan pasar online yang kian menjamur.

Akhirnya, ada banyak fakta unik di balik menjamurnya toko online. Berikut kami rangkum 7 fakta unik mengenai kehadiran toko online dan aktivitas belanja online itu. 

1. Jual dan Beli Terbanyak dari Smartphone

Eksistensi toko online di Indonesia tidak lepas dari munculnya beragam jenis smartphone. Teknologi inilah yang disebut sebagai pemicu bertahannya toko online di Indonesia. Nielsen Global Survey of E-Commerce merilis pada 2014, ada sebanyak 87,4 % dari responden di Indonesia memesan barang melalui smartphone. Bahkan, ada sinyalemen jika ketergantungan smartphone dapat meningkatkan hasrat untuk berbelanja online.

2. Toko Online Menjamur, Kejahatan Cyber Meningkat

Menjamurnya toko online di Indonesia tidak hanya memberikan dampak positif. Dampak negatif yang muncul adalah menjamurnya kasus penipuan melalui online. Ada banyak modus yang muncul, mulai dari barang tidak terkirim, spesifikasi yang tidak sesuai pesanan hingga pembobol kartu kredit. Kepolisian juga mendapat model kejahatan baru. Wajar saja jika kepolisian membentuk tim cyber untuk menangkal kejahatan di dunia maya ini.

3. Pelanggan Semakin Sadar Membeli dengan Kartu Kredit

Sejumlah survei Nielsen juga mengungkap jika pada 2014, sejumlah pelanggan toko online sudah mulai hati-hati menggunakan kartu kredit saat bertransaksi di toko online. Ini menandakan jika pelanggan di toko online sudah mulai waspada bahaya yang mengancam melalui kartu kredit.

Dari survei itu juga terungkap jika sebelum memutuskan untuk belanja online, konsumen Indonesia memperhatikan lebih dulu kredibilitas situs online yang bersangkutan, membandingkan harga barang dengan situs lainnya, dan membaca review pembeli lain tentang barang yang akan dibeli.

4. Pasar Konvensional Lesu, Pasar Tradisional Tetap Eksis

Menjamurnya toko online ternyata membuat pasar konvensional menjadi lesu. Sejumlah pengamat ekonomi bahkan menyebut kondisi seperti ini terasakan di Mall dan Supermarket. Meski demikian, pasar tradisional diperkirakan tidak akan terganggu dengan keberadaan toko online ini. Pasar tradisional akan tetap eksis karena masih menggunakan sistem transaksi tradisional. Pelanggan masih bisa saling tawar untuk mendapatkan harga yang pas, yang tentu sulit dilakukan oleh toko online.

5. Industri Media Cetak Ikut Lesu

Dampak lain terhadap menjamurnya toko online adalah pada industri media cetak. Sejumlah surat kabar di Indonesia dikabarkan harus tutup lantaran tidak mendapatkan lagi jatah iklan dari produk yang terjual di pasar konvensional. Secara tidak langsung, toko online telah membentuk sistem iklan yang lebih murah dan mudah dijangkau siapa saja.

6. Bersaing Manjakan Pelanggan dengan Promo dan Diskon

Sejumlah toko online di Indonesia kian bersaing untuk memanjakan pelanggannya. Sejumlah fasilitas dan kemudahan terus ditawarkan. Mulai dari diskon dan promo di setiap pekan. Hingga harga jual dan beli barang yang lebih murah dibandingkan toko konvensional. Tidak hanya metode pembayarannya saja, pengirimannya juga. Sejumlah toko online berlomba mempercepat waktu pengiriman mereka.

7. Kaum Milenial Paling Banyak Pilih Toko Online

Salah satu yang membuat toko online tetap eksis adalah kaum milenial. Pemuda zaman now lebih senang sesuatu yang praktis dan mudah. Mereka senang berbelanja setiap saat dan mampu melihat perubahan tren dan gaya dengan cepat melalu toko online. Kaum milenial ini juga dikenal sebagai kelompok yang melek teknologi. Wajar saja, sebagian besar pelanggan toko online adalah mereka yang merupakan kaum milenial.

Itulah tujuh fakta menarik tentang toko online. Silahkan menikmati transaksi yang mudah dan cepat di toko online kepercayaan Anda. Hanya saja, tetap pilih toko online terpercaya yang sudah terakreditasi untuk menghindari penipuan. 

Loading...