Sabtu, 27 Oktober 2018 18:38 WITA

Ilmuwan Ciptakan Robot Terminator yang Bisa Berubah Bentuk

Editor: Suriawati
Ilmuwan Ciptakan Robot Terminator yang Bisa Berubah Bentuk
INT

RAKYATKU.COM - Robot logam cair yang dapat mengubah bentuk dan memperbaiki diri dari kerusakan seperti droid dari film Terminator, bisa segera menjadi kenyataan.

Ilmuwan dari University of Science and Technology di China dan University of Wollongong di Australia telah mengembangkan prototipe seukuran telapak tangan yang terinspirasi oleh T-1000.

Robot kecil itu dapat berubah bentuk, dan dapat digunakan untuk mengakses lingkungan yang sulit dijangkau seperti organ dalam tubuh.

Misalnya, robot kecil ini dapat digunakan untuk mengirimkan obat melalui tubuh dan secara langsung menyerang sel tumor.

Prototipenya terdiri dari roda plastik kecil, baterai lithium, dan tetesan galium, logam cair.

Menurut para peneliti, logam cair cocok untuk robot lunak karena konduktivitasnya yang tinggi, tegangan permukaannya yang dapat dikontrol, dan fleksibilitasnya.

Robot itu memiliki panjang sekitar tujuh inci. Disebut millirobot, ia bisa berjalan, merangkak dan melompat di darat, serta berenang di air. Para ilmuwan membuatnya dengan terisnpirasi dari makhluk seperti ubur-ubur, ulat dan larva.

"Di masa depan, kami berharap untuk mengembangkan robot lunak yang menggabungkan logam cair yang dapat digunakan dalam misi khusus seperti mencari dan menyelamatkan korban gempa, karena mereka dapat mengubah bentuk untuk meluncur di bawah pintu atau melalui ruangan yang tidak dapat dijangkau oleh manusia," kata Tang Shiyang, dari University of Wollongong pada SCMP.

Tim ini menerbitkan karya mereka di jurnal Advanced Materials bulan ini, dan sekarang berencana untuk membuat robot yang mirip dengan BB-8 Star Wars.

Tags