Kamis, 25 Oktober 2018 13:26 WITA

Apple dan Samsung Didenda Rp86,7 Miliar di Italia

Editor: Suriawati
Apple dan Samsung Didenda Rp86,7 Miliar di Italia
INT

RAKYATKU.COM - Apple dan Samsung didenda 5 juta Euro (Rp86,7 miliar) di Italia karena diduga memperlambat smartphone lama pengguna melalui pembaruan perangkat lunak.

Autorita Garante della Concorrenza e del Mercato (AGCM), otoritas anti persaingan di negara itu, menuduh kedua perusahaan melakukan praktik komersial yang tidak adil.

AGCM mengatakan bahwa kedua perusahaan membujuk pelanggan untuk mengunduh pembaruan perangkat lunak, yang tidak didukung oleh secara memadai di perangkat lama, tanpa memperingatkan tentang konsekuensi itu.

Akibatnya, perangkat pengguna mengalami shutdown tiba-tiba dan kedua perusahaan tidak mampu membantu mengembalikan smartphone pengguna ke kondisi yang semestinya.

Perangkat Apple yang dimaksud termasuk iPhone 6/6 Plus dan iPhone 6s / 6s Plus, yang mengalami masalah ketika pengguna menginstal iOS 10, yang dirancang untuk iPhone 7.

Karena tuntutan daya yang lebih tinggi dari versi OS tersebut, ponsel yang lebih lama tidak dapat mendukungnya secara memadai.

Dalam kasus Samsung, perangkat yang terlibat adalah Galaxy Note 4, yang bermasalah setelah pengguna menginstal pembaruan Android Marshmallow.

Pada akhirnya, AGCM memungut denda masing masing €5 juta (Rp86,7 miliar) terhadap Apple dan Samsung. Apple juga ditampar denda € 5 juta lainnya atas pelanggaran terpisah yang melibatkan kegagalannya untuk memberi tahu pengguna tentang spesifikasi baterai ponsel mereka dan bagaimana mempertahankan dan menggantinya.

Loading...