Rabu, 24 Oktober 2018 09:34 WITA

Fotografer Ciptakan Lensa Kamera dari Potongan Es

Editor: Suriawati
Fotografer Ciptakan Lensa Kamera dari Potongan Es
YouTube

RAKYATKU.COM - Lensa kamera pada dasarnya adalah potongan kaca yang membantu memfokuskan cahaya yang memungkinkan kamera menangkap gambar.

Ini adalah konsep yang membantu fotografer Mathieu Stern menemukan ide untuk mencoba membuat lensa kamera dari sepotong es.

Menurut Stern, "jika kaca dapat memfokuskan cahaya, maka es juga mampu melakukannya."

Seluruh proyek Stern diselesaikan dalam waktu sekitar setengah tahun. Pertama, dia harus membuat tubuh lensa khusus (yang ia cetak 3D). Ini berfungsi untuk memegang es sebagai elemen lensa utamanya.

Selanjutnya, dia juga harus memodifikasi pembuat bola es (biasanya digunakan untuk membuat bola es wiski) yang mampu menciptakan setengah bola.

Ketika Stern akhirnya puas dengan ukuran dan bentuk serta jarak fokus yang dibuat oleh kreasinya, ia melakukan perjalanan ke Islandia.

Di sana, dia mengambil potongan es yang jernih dari gunung es dan gletser dengan harapan menggunakan potongan-potongan es tersebut untuk lensanya.

Proses ini memakan waktu sekitar 5 jam karena dia membutuhkan waktu sekitar 45 menit untuk mencairkan setiap potongan es, ditambah ada juga beberapa kegagalan di sepanjang upayanya, karena beberapa potongan es pecah selama proses tersebut.

Tapi pada akhirnya dia berhasil menciptakan kreasi uniknya. Meskipun kualitas gambar yang diambil dengan lensa es kurang ideal dalam hal ketajaman, itu masih prestasi yang cukup mengesankan dan konsep yang cukup keren.

Tags