Senin, 22 Oktober 2018 14:21 WITA

Jack Ma Akan Buka Institut untuk Para Pengusaha Teknologi di Indonesia

Editor: Suriawati
Jack Ma Akan Buka Institut untuk Para Pengusaha Teknologi di Indonesia
Jack Ma (EPA-EFE)

RAKYATKU.COM - CEO Alibaba Group Holding, Jack Ma berencana untuk membuka sebuah lembaga untuk melatih ribuan pengusaha teknologi di Indonesia.

Ma tidak mengungkap kapan Jack Ma Institute of Entrepreneurs akan diluncurkan. Tapi ia mengatakan bahwa tujuannya adalah untuk melatih 1.000 pemimpin teknologi setahun selama 10 tahun ke depan.

"Kami memberi banyak kesempatan bagi anak muda Indonesia untuk belajar," kata Ma kepada wartawan setelah bertemu dengan para menteri Indonesia di sela-sela pertemuan Dana Moneter Internasional dan Bank Dunia di Bali.

Dia mengatakan bahwa penting bagi Indonesia untuk berinvestasi dalam sumber daya manusia. "Karena hanya ketika orang meningkat, ketika pikiran orang berubah, ketika keterampilan orang meningkat, maka kita dapat memasuki periode digital," katanya.

Jack Ma Institute of Entrepreneurs juga akan melatih ratusan pengembang dan insinyur di cloud computing untuk membantu menjadikan bisnis Indonesia lebih digital-savvy.

Indonesia merupakan pasar utama untuk Alibaba. Pada bulan maret lalu, Alibaba Cloud meluncurkan pusat data di Indonesia.

Ma mengatakan bahwa perusahaannya akan terus berinvestasi "tidak hanya pada e-commerce, tetapi juga cloud computing, logistik dan ... infrastruktur" di Indonesia, serta membantu bisnis lokal untuk tumbuh.

Menteri Komunikasi RI Rudiantara mengatakan pada bulan September bahwa Indonesia bermitra dengan Ma untuk mencari cara bagaiaman memanfaatkan bisnis Alibaba untuk meningkatkan ekspornya, khususnya ke China.

Dalam laporan yang dirilis pada 30 Agustus, diperkirakan bahwa bahwa nilai pasar e-commerce Indonesia akan melonjak hingga setidaknya USD 55 miliar pada 2022 dari USD 8 miliar pada 2017.

Tags