Sabtu, 20 Oktober 2018 08:00 WITA

Rencana Gila Tiongkok, Luncurkan Bulan Buatan untuk Terangi Bumi

Editor: Nur Hidayat Said
Rencana Gila Tiongkok, Luncurkan Bulan Buatan untuk Terangi Bumi
Foto: Wikimedia Commons.

RAKYATKU.COM - Chengdu, ibu kota provinsi Sichuan China, baru saja mengumumkan rencana gila untuk membantu menghemat listrik dengan meluncurkan satelit penerangan yang akan menerangi kota. Mereka menyabutnya "bulan buatan yang bisa menerangi bumi.

Rencana itu diumumkan kepada publik oleh Wu Chunfeng, Ketua Chengdu Aerospace Science and Technology Microelectronics System Research Institute Co., Ltd, selama inovasi massal nasional dan aktivitas kewirausahaan pada 10 Oktober lalu. Demikian laporan People's Daily.

Proyek ini berpotensi membuat lampu jalanan menjadi usang karena "bulan buatan" dapat menghasilkan delapan kali cahaya yang dipancarkan bulan purnama pada malam hari. Ini akan mencakup diameter 10 hingga 80 kilometer dengan rentang pencahayaan yang akurat dan terkontrol penuh, beberapa puluh meter.

Wu dan perusahaannya sudah mulai menguji satelit beberapa tahun lalu, menurut Shanghaiist. Dia melanjutkan untuk mencatat bahwa proyek telah sepenuhnya matang sejak saat itu dan sekarang dipersiapkan untuk peluncuran pada 2020.

Namun, beberapa pejabat menyatakan keprihatinan atas kemungkinan bahwa iluminasi yang dihasilkan oleh  "bulan buatan"  dapat menimbulkan efek buruk pada ritme sirkadian hewan tertentu. Tetapi seorang ahli dalam masalah ini, Kang Weimin, direktur Institut Optik, Sekolah Aerospace di Institut Teknologi Harbin, menjelaskan bahwa cahaya yang dihasilkan oleh satelit akan "mirip dengan cahaya seperti senja" yang seharusnya tidak memiliki efek apa pun pada rutinitas harian hewan.

Proyek "bulan buatan" terinspirasi oleh ide - yang awalnya dibayangkan oleh seniman Perancis - dari kalung cermin yang tergantung di atas planet yang akan memantulkan cahaya matahari melalui jalan-jalan Paris.