Sabtu, 06 Oktober 2018 19:05 WITA

China Dituding Simpan Chip Kecil di Komputer AS

Editor: Andi Chaerul Fadli
China Dituding Simpan Chip Kecil di Komputer AS

RAKYATKU.COM - Chip kecil yang dimasukkan ke dalam peralatan komputer Amerika Serikat (AS) yang diproduksi di China diduga digunakan sebagai bagian dari upaya besar Beijing untuk mencuri rahasia teknologi AS.

Apple dan Amazon telah menjauhkan diri dari klaim bahwa mereka berada di antara perusahaan AS yang ditargetkan oleh peretas China, dikutip dari Bloomberg.

Bloomberg melaporkan, chip dimasukkan ke motherboard komputer yang diproduksi di China untuk pemasok Super Micro Computer yang berbasis di AS.

Dikatakan puluhan perusahaan dan agen besar AS menggunakan perangkat keras - tetapi Amazon pertama kali menemukan chip, ukuran sebutir beras, selama tinjauan keamanan yang dipesannya setelah membeli sebuah perusahaan perangkat lunak yang disebut Elemental tiga tahun lalu.

Bloomberg mengatakan perusahaan komputasi ritel-ke-awan memperingatkan otoritas AS pada saat itu, menghasilkan penyelidikan dan serangkaian perusahaan membatalkan pesanan Super Micro.

Temuan-temuannya dirilis pada waktu yang sensitif yang diberikan perang perdagangan Presiden Donald Trump terhadap China, sebagian terkait dengan tuduhan AS pencurian kekayaan intelektual oleh Beijing.

Hanya seminggu yang lalu, ia lebih lanjut menuduh Cina ikut campur dalam pemilihan paruh waktu negaranya.

Chip komputer, jelas Bloomberg, memungkinkan mata-mata yang terkait dengan Tentara Pembebasan Rakyat - unit pasukan Cina - untuk menciptakan "pintu siluman" ke peralatan komputer melalui perangkat keras - lebih sulit dideteksi daripada peretasan perangkat lunak.

Laporan tersebut mengklaim bahwa selain perusahaan termasuk Apple dan Amazon, Super Micro juga memproduksi peralatan untuk pusat data Departemen Pertahanan AS dan fungsi pemerintah federal lainnya - beberapa dioperasikan oleh Apple dan Amazon Web Services.

Tags