Sabtu, 06 Oktober 2018 16:34 WITA

China Dituding Masukkan Chip Mata-mata ke Server Perusahaan AS

Editor: Suriawati
China Dituding Masukkan Chip Mata-mata ke Server Perusahaan AS
INT

RAKYATKU.COM - Sebuah laporan dari Bloomberg mengklaim bahwa hampir 30 perusahaan teknologi tinggi AS disusupi oleh microchip mata-mata China.

Laporan itu mengatakan bahwa microchip itu ditempatkan di server target, dan diproduksi oleh Super Micro Computer.

Chip itu dirancang untuk memotong protokol keamanan, menyampaikan informasi, dan bahkan mengubah sistem perangkat lunak serta menemukan jalan ke sistem Departemen Pertahanan AS.

Chip itu juga diduga membuka pintu belakang bagi pemerintah China untuk mendapatkan akses ke beberapa infrastruktur paling sensitif di AS.

Bloomberg mengatakan bahwa para pejabat AS telah menemukan pelanggaran keamanan itu pada tahun 2015 dan telah menjadi subyek penyelidikan rahasia sejak saat itu. 

Perusahaan AS yang terkena dampak termasuk perusahaan besar seperti Amazon dan Apple.

Tapi perusahaan-perusahaan itu telah menyangkal fakta-fakta dalam artikel Bloomberg. Dalam siaran pers, Super Micro Computer juga membantah klaim terhadapnya.

"Ada laporan yang mengatakan bahwa Supermicro menjual chip berbaya pada tahun 2015. Super micro tidak pernah menemukan chip jahat, atau diinformasikan oleh pelanggan bahwa chip berbahaya sepeti itu telah ditemukan.

Sementara itu, Apple menyatakan pada CNBC bahwa “Kami sangat kecewa...para wartawan Bloomberg belum terbuka untuk kemungkinan bahwa mereka atau sumber mereka mungkin salah atau salah informasi."

"Tebakan terbaik kami adalah bahwa mereka dibingungkan dengan insiden 2016 yang dilaporkan sebelumnya di mana kami menemukan driver yang terinfeksi pada satu server Supermicro di salah satu lab kami. Kejadian satu kali itu ditentukan sebagai kecelakaan dan bukan serangan yang ditargetkan terhadap Apple."

Secara terpisah, Steve Schmidt, Chief Information Security Officer di Amazon Web Services menyatakan, "Kami tidak pernah menemukan masalah yang terkait dengan perangkat keras yang dimodifikasi atau chip jahat di Motherboard Supermicro dalam sistem Amazon."