Sabtu, 06 Oktober 2018 15:48 WITA

Ilmuan Ciptakan Font untuk Tingkatkan Memori Otak

Editor: Andi Chaerul Fadli
Ilmuan Ciptakan Font untuk Tingkatkan Memori Otak

RAKYATKU.COM - Saat mengetik catatan Anda, mudah untuk melupakan apa yang Anda tulis beberapa menit yang lalu. Tetapi tipografi baru dapat memastikan Anda mengingat catatan Anda lebih lama.

Peneliti dari RMIT University di Melbourne telah membuat font baru, yang disebut 'Sans Forgetica', yang mereka klaim meningkatkan memori Anda.

Font memiliki irisan dari huruf, yang ditulis na tujuh derajat miring.

Ini membuat kata-kata sulit dibaca - tetapi itu sebenarnya adalah kunci untuk meningkatkan ingatan Anda, dikutip dari Mirror, Sabtu (6/10/2018).

Pengajar pemasaran senior di RMIT, Janneke Blijlevens, mengatakan: "Ketika kita ingin belajar sesuatu dan mengingatnya, ada baiknya memiliki sedikit obstruksi yang ditambahkan ke proses pembelajaran itu karena jika sesuatu terlalu mudah itu tidak membuat memori jejak.

“Jika terlalu sulit, itu tidak meninggalkan jejak memori juga. Jadi Anda perlu mencari titik yang manis itu. ”

Selama uji coba, para peneliti menunjukkan 400 catatan siswa - dengan beberapa ditulis dalam Sans Forgetica, dan yang lain ditulis dalam Arial.

Hasilnya mengungkapkan bahwa sementara 50 persen ingat catatan yang ditulis dalam Arial, 57 persen ingat catatan di Sans Forgetica.

Stephen Banham, seorang dosen tipografi yang membantu mengembangkan font, berkata: "Pikiran secara alami akan berusaha untuk menyelesaikan bentuk-bentuk itu dan dengan melakukan itu memperlambat membaca dan memicu memori."

Diakui, membaca di font untuk jangka waktu yang lama 'mungkin akan menyebabkan sakit kepala', menurut Banham.

Namun, singkatnya, semburan tajam, itu bisa menjadi game changer ketika datang ke revisi.

Tags

Berita Terkait