Kamis, 04 Oktober 2018 13:54 WITA

Apple dan Google Jadi Merek Paling Berharga di Dunia

Editor: Suriawati
Apple dan Google Jadi Merek Paling Berharga di Dunia
Getty Images

RAKYATKU.COM - Apple, Google dan Amazon adalah tiga merek paling berharga di dunia, menurut laporan dominasi perusahaan teknologi AS oleh Interbrand.

Interbrand menilai perusahaan berdasarkan faktor-faktor seperti kinerja keuangan dan kekuatan merek.

Apple berada di puncak daftar merek paling berharga dengan nilai $ 214 miliar. Sementara itu, Google duduk cantik di urutan kedua dengan nilai merek $155 miliar.

Menurut laporan Interbrand Best Global Brands, Apple dan Google telah menduduki dua tempat teratas selama enam tahun berturut-turut.

Amazon berhasil mengamankan tempat ke tiga, dengan nilai $93 miliar, disusul oleh Microsoft dengan nilai $93 miliar, dan  Coca-Cola senilai $66 miliar.

Lima merek lainnya yang berada di 10 besar adalah Samsung ($60 miliar), Toyota ($53 miliar), Mercedes-Benz ($49 miliar), Facebook ($45 miliar) dan McDonald's ($43 miliar).

Facebook merosot satu tempat ke posisi kesembilan tahun ini, setelah menjadi merek yang tumbuh paling cepat selama lima tahun.

Sementara itu, merek yang masuk ke 100 teratas pada tahun 2017 tapi dikeluarkan tahun ini termasuk Tesla, Thomson Reuters, Moet & Chandon, dan Smirnoff.

Pendatang baru di top 100 adalah layanan streaming musik Spotify, di nomor 92, Subaru di 100, Chanel di 23 dan Nintendo di 99.

Lebih dari setengah dari 100 mereka teratas berasal dari lima sektor, yaitu otomotif, teknologi, layanan keuangan, kemewahan, dan barang-barang konsumen yang bergerak cepat.

Charles Trevail, kepala eksekutif Interbrand, mengatakan bahwa merek-merek yang mampu merespons perubahan kebutuhan dan harapan pelanggan adalah yang paling sukses. 
“Hari ini kita hidup di dunia di mana konsumen memiliki kekuatan lebih dari sebelumnya, mengkurasi merek pribadi mereka sendiri dengan cara yang belum pernah kita lihat," katanya.

Tags