Selasa, 02 Oktober 2018 15:55 WITA

Foto ini Menunjukkan Seperti Apa Rasanya Berdiri di Atas Komet

Editor: Suriawati
Foto ini Menunjukkan Seperti Apa Rasanya Berdiri di Atas Komet
European Space Agency

RAKYATKU.COM - Foto yang baru dirilis yang diambil oleh pesawat luar angkasa Rosetta pada tahun 2014 memperlihatkan pandangan menakjubkan, yang seolah memberikan gambaran bagaimana rasanya berdiri di permukaan komet. 

Foto itu berfokus pada fitur geologi yang dijuluki Seth, yang berada di dua lobus yang lebih besar di Comet 67P / Churyumov-Gerasimenko (67P / CG).

Pada saat itu, pesawat luar angkasa milik European Space Agency itu berjarak sekitar 17 mil (28 km) dari pusat komet.

Foto yang baru dirilis itu dipilih dan diproses oleh astronom amatir Jacint Roger Perez, yang menggabungkan tiga gambar yang diambil oleh kamera narrow-angle Rosetta OSIRIS.

Rosetta menangkap pandangan ini pada 22 September 2014. Dua tahun kemudian, tepatnya pada pada 30 September 2016, pesawat itu mengakhiri misinya dengan 'tabrakan yang dikendalikan' ke permukaan.

Misi Rosetta, yang bernilai $1,3 miliar menandai pertemuan pertama antara pesawat ruang angkasa dan komet.

Namun meskipun itu tidak lagi beroperasi, data ekstensif yang dikumpulkan selama misinya, diharapkan dapat memberi jalan bagi penelitian selama puluhan tahun.

Awal tahun ini, misalnya, observasi kompilasi yang menakjubkan dari Rosetta mengungkapkan sekilas tentang kondisi di sekitar komet yang terbang melintasi angkasa.