Jumat, 08 Juli 2016 11:01 WITA

Keren, di Planet Ini Ada Pemandangan Tiga Matahari Terbenam

Editor: Jumardin Akas

RAKYATKU.COM - Tatooine, planet berupa gurun adalah tempat tinggal Luke dan Anakin Skywalker dalam film Star Wars. Planet ini menjadi ikon karena mengorbit dengan dua bintang yang memunculkan pemandangan dua matahari yang terbenam.

Namun, itu hanyalah fiksi. Faktanya, kini para astronom telah menemukan sebuah planet yang lebih eksotis dengan pemandangan di cakrawala dengan tiga matahari yang terbenam.

Dilansir New York Times, Planet ini dinamakan HD 131399Ab adalah gas raksasa dengan tiga bintang berjarak 320 tahun cahaya dari Centaurus Constellation. Bintang utamanya mengorbit dan hampir dua kali lipat massa matahari. 

Dua bintang lainnya berada di sistem yang lebih kecil dan lebih dekat bersama-sama. Mereka bergerak di sekitar satu sama lain.

Untuk sekali mengorbit HD 131399Ab membutuhkan sekitar 550 tahun perjalanan bumi - perjalanan yang lebih jauh dari perjalanan dua kali Pluto mengelilingi matahari kita. 

loading...

Selama setengah perjalanan, planet itu mengalami sunset yang mengesankan sebanyak tiga kali. Kemudian untuk setengah perjalanan lainnya, matahari yang paling besar dan yang lebih kecil akan menciptakan siang yang sangat panjang.

Ini adalah planet ekstrasurya pertama dengan orbit yang luas yang pernah ditemukan dalam sistem bintang tiga. Temuan ini dilaporkan dalam jurnal Sains.

HD 131399Ab berusia hanya sekitar 16 juta tahun yang membuatnya menjadi  salah satu exoplanets termuda yang pernah ditemukan. Planet ini memiliki suhu yang mencapai lebih dari 1.000 derajat Fahrenheit. Itu sangat ekstrim, tapi sejauh exoplanets, HD 131399Ab adalah salah satu yang paling besar dan paling dingin yang pernah ditemukan.

Loading...
Loading...