Senin, 24 September 2018 08:59 WITA

10 Tahun Lalu Android Debut, Ini Ponsel Pertama-nya

Editor: Suriawati
10 Tahun Lalu Android Debut, Ini Ponsel Pertama-nya
Mobile G1 / HTC Dream

RAKYATKU.COM - Sepuluh tahun lalu, tepatnya 23 September 2008, ponsel Android pertama diperkenalkan di dunia.

Ponsel itu adalah Google-HTC T-Mobile G1, yang kemudian dikenal sebagai HTC Dream. Itu sangat sederhana, tapi memiliki satu misi besar, yaitu untuk menantang iPhone.

Ponsel ini memiliki layar resolusi rendah (320x480), dan tidak memiliki keyboard virtual, sehingga mengharuskan pengguna untuk mendorong layar untuk menampilkan keyboard pop-out kecil. Itu juga menggunakan tombol trackball yang unik untuk navigasi.

Pada enam bulan pertama sejak dirilis, ponsel itu terjual lebih dari satu juta unit.

Tapi apa yang membuat G1 bukanlah desain atau navigasinya, melainkan sistem operasinya. Itu didesain oleh Andy Rubin dan didistribusikan oleh Google, dan dinamai versi 1.0.

Tentu saja, Android versi pertama masih sangat jauh dari kata sempurna. Tapi menawarkan banyak hal baru pada saat itu, seperti antarmuka yang menyenangkan, desain web Google yang  sederhana, dan interaksi dengan aplikasi yang lebih menyenangkan.

10 Tahun Lalu Android Debut, Ini Ponsel Pertama-nyaSebagai catatan, G1 hanya dijual seharga $179 (jauh dari smartphone seribu dolar saat ini). Dalam hal spesifikasi, ini mendukung jaringan 3G dan terintegrasi dengan Amazon MP3 (karena Google Play Music baru akan rilis beberapa tahun kemudian).

Ini juga didukung Google Talk, AOL, Yahoo Messenger, dan Windows Live Messenger untuk SMS, dan browser Chrome.

Play Store juga belum ada, karena itu baru ada satu tahun kemudian, tapi G1 memiliki Android Market yang memungkinkan pemasangan aplikasi gratis.

Pada saat itu, Android 1.0 mendapat nama kode pertamanya (Cupcake dengan versi 1.5). Seiring waktu itu terus berkembang menjadi OS yang digunakan banyak smartphone.

Tags