Jumat, 21 September 2018 07:00 WITA

Robot Mirip Manusia Kian Menakutkan 

Editor: Eka Nugraha
Robot Mirip Manusia Kian Menakutkan 
Ilustrasi

RAKYATKU.COM --- Sejumlah ilmuan terus berusasha membuat robot yang melakukan semua jenis pekerjaan. Bahkan, tidak jarang robot yang terbentuk sekarang sudah mirip manusia. 

Ternyata robot yang menyerupai wajah manusia kian menakutkan. Bahkan, ada beberapa peneliti yang merasa tidak nyaman dengan robot berbentuk manusia. 

“Saya tahu cara kerjanya. Saya tahu robot-robot itu cuma mesin, tapi sesuatu yang tampak seperti manusia namun tidak bergerak seperti manusia, itu membuat tidak nyaman," kata seorang Profesor Ilmu komputer dan psikologi Jonathan Gratch seperti yang dilansir VoA. 

Dia mengatakan dia kerap mempelajari emosi dan bagaimana manusia menggunakan isyarat emosional untuk membaca pikiran masing-masing. Dia juga menyebut, robot yang terlampau mirip manusia akan mengancam kemanusiaan itu sendiri.

John Rebula membuat robot humanoid Hermes. Robot ini berjalan seperti manusia. Robot ini lebih terkoordinasi dan lebih seimbang. 

“Saya tidak tahu apakah saya ingin berada di lab dengan robot yang sangat mirip manusia yang terus menatap saya. Kita mulai berteriak pada robot itu: 'Kenapa tidak bekerja?' Jadi saya tidak memerlukan lapisan keanehan ekstra seperti itu,” ujarnya.

Tags