Selasa, 18 September 2018 08:08 WITA

Harari Sebut Amerika Memasuki Zaman Kebingungan

Editor: Aswad Syam
Harari Sebut Amerika Memasuki Zaman Kebingungan
Khawatir tentang mobil tanpa pengemudi yang mengambil pekerjaan? Itu hanya puncak gunung es, kata sebuah buku baru.

RAKYATKU.COM - Jika Anda berpikir Donald Trump dan jenisnya adalah ancaman utama bagi dunia saat ini, pikirkan lagi. Mungkin dampak dari memiliki miliaran orang yang menganggur? Atau dari oligopoli digital yang merebut kendali informasi dunia? Tantangan berbasis teknologi akan datang setiap  10 menit, yang akan mengerdilkan politisi atau gerakan politik.

Itu adalah petikan dari "21 Lessons for the 21st Century " (21 Pelajaran untuk Abad 21), buku baru yang merupakan pemikiran besar Yuval Noah Harari yang menakutkan. Dilansir dari New York Post, Harari, penulis "Sapiens" dan "Homo Deus," menarik kembali dari pertikaian kita saat ini, tentang perselisihan politik kecil untuk mempertimbangkan evolusi, katakanlah, bekerja. 

Mesin menempatkan pekerja kasar dan pekerja pabrik dalam jumlah besar di luar bisnis, tetapi orang-orang itu sebagian besar pindah ke pekerjaan yang diatur di sekitar kapasitas kognitif manusia. Kecerdasan buatan adalah balapan yang jauh di luar kemampuan manusia, sementara mengisi celah-celah penting seperti kemampuan membaca dan bereaksi dengan benar terhadap emosi manusia, bahwa pekerja kognitif bisa menjadi berlebihan seperti pekerja pertanian memotong biji-bijian dengan sabit. Bagaimana orang akan menempati waktu mereka ketika kelas besar tidak ada hubungannya sepanjang hari?

Harari menggabungkan gambar itu dengan peringatan tentang gangguan massa potensial lainnya - puluhan juta pengungsi datang ke utara dan barat, dari bagian dunia yang paling terpengaruh oleh perubahan iklim - dan bertanya-tanya apakah politik marah hari ini akan segera terlihat, seperti makan siang keluarga yang ramah. 

Apa yang terjadi ketika massa gelisah akibat penduduk pribumi yang menganggur bertabrakan dengan orang-orang asing yang menganggur?

Perlu diingat, kesenjangan kekayaan hanya akan naik, terlepas dari seberapa populer Bernie dan Sandersista. Mengotak-atik kode pajak tidak akan mengubah efek pengganda kekayaan yang akan datang. Alih-alih menghabiskan uang, mereka kebanyakan pada simbol status dan real estat, orang kaya akan dapat memanfaatkan kemajuan medis untuk membangun tubuh superior dan pikiran jenius yang akan memperluas kesenjangan dengan kelas menengah.

Mengingat kebahagiaan manusia terkait dengan seberapa baik Anda berpikir, Anda mengukur kepada orang lain, kualitas hidup yang tak terbantahkan dalam plutokrasi pasti akan memicu keresahan sosial. Think Occupy Wall Street, hanya kali ini dengan lebih banyak peluru dan lebih sedikit tweet.

Pada 1990-an, kami diberi tahu bahwa kami telah mencapai akhir sejarah. Dengan dikalahkannya Komunisme Soviet, demokrasi pasar bebas liberal adalah sistem politik pemenang yang tak terbantahkan, dan hanya masalah waktu sebelum Honduras dan Korea Utara menjadi Denmark dan Iowa berikutnya.

Loading...

Hari ini, hal-hal yang tampak begitu tidak pasti, sampai-sampai Harari mengeluarkan momen ini “zaman kebingungan.” Raksasa Silicon Valley memainkan peran sentral, tetapi bayangkan betapa lebih banyak kekuatan dan kontrol yang akan mereka gunakan, ketika kita semua memakai gadget biometrik yang melacak segala sesuatu yang terjadi di dalam tubuh kita, dengan imbalan diskon pada asuransi kesehatan kita. (Atau, ketika pemerintah mengambil alih perawatan kesehatan, kita hanya perlu memakainya.)

Anda menyelipkan rokok? Maaf, GoogleUSWellness, mitra pemerintah dalam melacak kesehatan Amerika, akan mengetahui.

Anda baru saja membatalkan asuransi kesehatan Anda. Juga Google menjual informasi tentang apa yang membuat Anda mengeluarkan air liur selama iklan TV ke Amazon, dan Anda akan segera mendapatkan banyak kupon yang menggoda bagi mereka cincin bawang bombay bombar, yang diperingatkan dokter Anda.

Pada titik tertentu, Anda akan mulai merasa seperti apa yang sudah dianggap oleh Lembah Silikon: mekanisme yang mudah dimanipulasi untuk membeli barang-barang mereka.

Alih-alih Matrix mengambil alih hidup kita, kita secara sukarela bergabung karena kita suka Amazon dan Apple dan Google dan Facebook. Lihatlah, berapa banyak informasi kami yang sudah kami berikan kepada perusahaan-perusahaan ini: Jika CIA melacak kami begitu dekat, sehingga kami dapat menawarkan kesepakatan mengenai penerbangan ke Orlando 10 menit, setelah kami memeriksa situs web Disney World, kami akan panik. Tetapi ketika Google melakukannya, kami hanya mengangkat bahu.

Saya tidak setuju bahwa hal-hal yang menuju ke jurang: Semua prediksi sebelumnya dari peningkatan otomatisasi menyebabkan pengangguran massal terbukti salah, setelah semua. Dan Harari sendiri menawarkan beberapa bab yang menenangkan, tentang masa depan. Di mana dia, misalnya, mengecilkan ancaman terorisme.

Tetapi dia memperingatkan, bahwa segala sesuatu akan berubah bagi kita semua, menyebabkan begitu banyak stres dan kegelisahan juga kebingungan, bahwa itu akan menjadi seolah-olah kita semua adalah usia 15 pada saat yang sama. Keanehan, katanya, adalah hal baru yang normal.

Loading...
Loading...