Sabtu, 15 September 2018 14:21 WITA

Proyek Senjata Rahasia Diberi Nama Penampung Air

Editor: Eka Nugraha
Proyek Senjata Rahasia Diberi Nama Penampung Air
Big Willie, Tank pertama buatan Inggris yang ada di medan perang. Sumber: wikipedia.

RAKYATKU.COM --- Tentara Jerman terlihat panik dalam Perang Somme, 15 September 1916. Untuk pertama kalinya, mereka melihat senjata yang aneh milik pasukan Inggris.  

Senjata itu seperti kendaraan. Tetapi tak memiliki roda. Sulit ditembus peluru karena berlapis baja. Ada 40 kendaraan, memuntahkan 250 ribu peluru. Itulah Big Willie, tank pertama yang digunakan tentara Inggris. 

Perang Somme sebenarnya sudah berlangsung sejak 1 Juli. Sejak saat itu, Inggris dibuat frustasi oleh tentara Jerman. Serangan lebih dari 100 ribu pasukan Inggris tidak bisa membuat Jerman mundur. Parit-parit pertahanan Jerman yang dilapisi kawat berduri sulit ditembus. 

Seperti yang dilansir History.co.uk, untuk pertama kalinya, Inggris memutuskan untuk mengerahkan 40 tank di medan perang. Tank ini bertujuan untuk meratakan semua kawat berduri dan parit pertahanan Jerman. Awalnya, operasi tank ini berjalan lancar. Hingga akhirnya, hujan tiba. Kendaraan ini tidak bisa bergerak. Serangan balik pun menghancurkan Inggris. Inilah bencana besar bagi militer Inggris. 

Tank-tank primitif itu sebenarnya terlalu lamban untuk mengatasi serangan balik pasukan Jerman. Bahkan tank ini sering rusak. Walau hanya "sukses" sesaat, jenderal pasukan sekutu, Douglas Haig, yang melihat potensi penggunaan tank. Dia memerintahkan departemen perang membuat ratusan tank lainnya.

Big Willie sebenarnya bukanlah tank pertama yang dibuat. Sebelumnya ada Litle Willie, yang dibuat pada 6 September 1915. Sayangnya, Little Willie masih jauh dari sempurna. Beratnya 14 ton. Bergerak dengan kecepatan 2 Mil per jam. Sering terjebak dalam parit, dan mudah panas. 

Seorang kolonel tentara Inggris, Ernest Swinton dan sekretaris Komite untuk Imperial Pertahanan Inggris William Hankey, memperjuangkan gagasan pembuatan kendaraan lapis baja. Mereka lalu mengajukan konsep tank ke Menteri Angkatan Laut Inggris, Winston Churchill. Churchill lalu menyetujui untuk mengembangkan kendaraan yang disebut 'perahu darat' ini.

Big Willie akhirnya mulai dibuat. Untuk merahasiakan proyek ini dari mata-mata, Inggris menyamarkan namanya. Para pekerja diberi tahu jika kendaraan itu akan digunakan untuk membawa air di medan perang. Bentuknya memang mirip tangki air. Tetapi, berlapis baja. Itulah mengapa kendaraan ini diberi nama Tank. 

Perbaikan desain tank lebih lanjut dilakukan dan pada Pertempuran Cambrai pada November 1917. Tank-tank baru ini lebih cepat dari Big Willie. Gerakannya yang cepat mengantarkan Inggris memenangi perang. Inggris menangkap 8.000 pasukan musuh dan 100 senjata.

Tank kemudian secara cepat menjadi bagian penting dunia militer. Selama Perang Dunia II, tank memainkan peran penting di medan perang, bahkan di gurun selama konflik Teluk Persia.