Sabtu, 15 September 2018 06:30 WITA

Mengapa iPhone Pakai Dual SIM?

Editor: Nur Hidayat Said
Mengapa iPhone Pakai Dual SIM?

RAKYATKU.COM - Tiga produk Apple; iPhone XS, iPhone XS Max, dan iPhone XR telah diumumkan secara resmi di Steve Jobs Theatre, Cupertino, California, Amerika Serikat, Rabu (12/9/2018).

Dalam lebih dari satu dekade terakhir, untuk pertama kalinya Apple membenamkan fitur dual SIM pada iPhone. iPhone XS, iPhone XS Max, dan iPhone XR didukung kombinasi nano-SIM dan e-SIM. e-SIM adalah kartu seluler yang menghilangkan bentuk fisik kartu SIM.

Khusus untuk Tiongkok, Hong Kong, dan Makau, Apple menghadirkan varian yang mendukung dual-SIM nano-SIM, tidak ada e-SIM.

Pengamat gadget Herry SW menyoroti terobosan baru dari iPhone ini. Menurutnya keberadaan e-SIM menunjukkan Apple memandang Asia sebagai pasar yang penting bagi bisnis mereka. Pasalnya pengguna ponsel di Asia sangat mementingkan fitur dual SIM.

"Menurut saya yang paling menarik dari peluncuran kemarin adalah dual SIM. Dengan adanya fitur itu, saya lihat Asia itu jadi pasar penting bagi Apple. Biasanya mereka kiblat ke Amerika Serikat atau Eropa di mana dual SIM itu tidak lazim dan tidak begitu dibutuhkan," ujar Herry dikutip CNNIndonesia.com, Jumat (15/9/2018).

Herry berujar, pengguna ponsel di Indonesia dan Asia pada umumnya membutuhkan dual SIM agar bisa menggunakan satu nomor untuk digunakan sebagai nomor utama untuk telepon, dan satu nomor dikhususkan untuk berselancar di internet.

Biasanya pada nomor kedua itu, pengguna sering mengganti-ganti nomor untuk mengejar promo-promo kuota yang ditawarkan operator. Biasanya operator memang memberikan kuota fantastis untuk nomor baru.

"Kalau di Indonesia itu satu digunakan untuk telepon, satu untuk internet. Satu nomor itu biasanya nomor lama yang dipertahankan untuk nomor telepon, satu nomor itu untuk mengejar promo nomor baru," ujar Herry.