Jumat, 14 September 2018 06:45 WITA

Hastag Tertua di Dunia ada Sejak 73 Ribu Tahun Lalu

Editor: Eka Nugraha
Hastag Tertua di Dunia ada Sejak 73 Ribu Tahun Lalu
Ilustrasi.

RAKYATKU.COM -- Mungkin jutaan hastag yang tercipta setelah media sosial mulai dikenal semua orang. Ada banyak hastag terpopuler. Tetapi tahukan Anda, ada hastag yang berusia 73 ribu tahun. Inilah hastag tertua di dunia. 

Hastag ini ditemukan di sebuah gua bernama Blombos, Kota Cape Town. Di gua ini, sejak bertahun-tahun sebelumnya, sudah ditemukan banyak peninggalan sejarah. Tetapi, yang paling menarik adalah hastag yang terukir di dinding gua. Simbol itu sendiri dikenal dengan nama octothorpe.

Seperti yang dilansir, idntimes.com, sekilas hastag itu memang tampak sederhana, tetapi ketika diteliti, para ilmuwan menemukan bahwa lukisan di sebuah batu di Gua Blombos itu ternyata berusia 73.000 tahun. 

Peneliti menyebut, hastag itu dibuat dengan cara mengukirnya. Mereka menggores hastag itu dengan benda yang lebih keras dari batu. Diperkirakan hastag itu dibuat oleh Homo sapiens, manusia pertama yang memiliki kebudayaan. 

Namun, tidak ada cukup petunjuk mengenai tujuan dari manusia kuno membuat hashtag. Apakah itu sebuah seni sejati atau hanyalah sebuah simbol coretan biasa tanpa makna. 

Para ilmuwan Australia itu mengungkapkan, seniman purba itu tidak menggunakan cat untuk mewarnai karya seni mereka. Namun, para ilmuwan menduga para seniman purba itu menggunakan ochre crayon, salah satu jenis krayon kuno.

Sepanjang sejarah peradaban umat manusia, manusia purba sendiri diketahui telah menggunakan ocher, pigmen tanah lempung, setidaknya 285.000 tahun yang lalu untuk berbagai macam keperluan.

Walau temuan ini diklaim sebagai lukisan gua tertua di dunia, tetapi hashtag purba itu bukanlah upaya pertama manusia dalam menggambar.