Jumat, 14 September 2018 07:30 WITA

11 Hari "Menghilang" di September 1752 

Editor: Eka Nugraha
11 Hari
Ilustrasi

RAKYATKU.COM --- 266 tahun silam, tepat 14 September 1752, sebagian wilayah Inggris kacau balau. Warga tidur pada 2 September, tetapi tiba-tiba bangun pada 14 September. Mereka kehilangan 11 hari di bulan itu. 

Kekacauan ini merata di pedesaan di Inggris dan semua koloni Inggris. Termasuk Amerika. Hitoric-uk.com menggambarkan bagaimana kekacauan di kala itu. Orang-orang berfikir pemerintah mencoba menipu mereka. Penaggalan diubah tanpa pemberitahuan sebelumnya. 

Hingga saat ini, kondisi itu masih terekam di komputer. Jika Anda memiliki komputer bebasis Linux, maka Anda tidak akan menemukan 11 hari di September 1752. Tetapi, itu tidak berlaku dengan Windows. 

Apa yang sebenarnya terjadi pada 266 tahun silam? Kala itu, Inggris adalah negara terakhir yang masih menggunakan kalander Julian. Kalender ini ternyata mengalami cacat. Tetapi tetap digunakan sebagai penanggalan sejak 45 SM. Kala itu, sebagian besar dunia telah menggunakan kalender Gregorian yang sudah ada pada 1582.  

Ada beragam kisah hingga Inggris menolak menggunakan penanggalan Gregorian pada 1582. Kala itu, perintah Paus Gregorius XIII untuk merubah sistem penanggalan Julian mendapat penolakan dari gereja-gereja Roma yang ada di Inggris. Akibatnya, pada 1752, pemerintah Inggris sadar telah menggunakan kalender yang cacat. Mereka pun mengubahkan ke sistem penanggalan Gregorian. Tetapi, kala itu, sudah ada selisih 11 hari yang hilang. 

Dari 11 hari yang hilang banyak timbul pertanyaan-pertanyaan yang memang memilukan. Namun hal tersebut berhasil di pecahkan karena perubahan kalender dan penanggalan dari Julian dan Gregorian. 

Nah, Di situ adalah letak misteri dari hilangnya 11 hari di inggris. Namun akhirnya inggris menghilangkan 11 hari tersebut dan mengubahnya dengan waktu yang sebenarnya dengan pemakaian kalender Gregorian tersebut hingga normal sampai sekarang.

Genealogists, khususnya yang baru saja memulai pencarian leluhur, perlu memeriksa tanggal ditemukan di negara-negara berbahasa Inggris antara 1582 dan 1752. Apakah ini tanggal yang tertera sebagai OS (Old Style) atau NS (New Style)? Apakah ada tanggal terdaftar sebagai 1750/51?

Itu artinya mereka ada mungkin sudah antara 1 Januari dan 24 Maret, yang berarti bahwa 1750 adalah notasi gaya lama dan 1751, yang baru. Tanggal-tanggal ganda tersebut hanya terjadi pada bulan Januari, Februari dan Maret.

Berita Terkait