Jumat, 14 September 2018 06:00 WITA

Ketika CPU Berteknologi Kuantum, Jadilah Komputer Super Cepat 

Editor: Eka Nugraha
Ketika CPU Berteknologi Kuantum, Jadilah Komputer Super Cepat 
Ilustrasi

RAKYATKU.COM --- Wartawan dan pengarang sejumlah buku tentang teknologi dan intelijen, David Ignatius menyebut perkembangan teknomogi komputer saat ini semakin ketat. Bukan tidak mungkin, lima tahun ke depan, sudah akan ada komputer super cepat yang menerapkan teknologi kuantum.  

Ignatius mengaku telah melakukan riset berbulan-bulan untuk mengunjungi beberapa laboratorium yang sedang berusaha membuat komputer jenis baru itu. Laboratorium ini kebanyakan berada di Amerika dan Tiongkok. 

Dia menyebut, saat ini Central Processing Unit (CPU) komputer masih menggunakan teknologi bit. Teknologi ini adalah bagian terkecil dalam data komputer. Satu bit memiliki nilai satu dan nol. Dalam istilah elektronika disebut hitungan binary atau "hidup" dan "mati". 

Dalam waktu beberapa tahun ini, sudah akan ada cara baru menjalankan komputer. Cara baru itu disebut teknologi kuantum yang menggunakan sistem qubit (kyubit). Qubit, singkatan dari kata quantum dan bit. 

“Komputer kuantum bekerja dengan menggunakan qubit, yang walaupun kedengarannya aneh, punya nilai satu dan nol pada waktu yang bersamaan. Kalau kita gabungkan sejumlah qubits, kita akan bisa membuat komputer yang jauh lebih kuat dan cepat dari super komputer yang ada saat ini,” kata Kata David Ignatius, penulis buku berjudul The Quantum Spy seperti yang dilansor VoA.

Kata David Ignatius lagi, persoalan rumit yang membutuhkan waktu pemrosesan ribuan tahun akan bisa diselesaikan hanya dalam hitungan detik saja oleh komputer quantum. “Kalau kita bisa membangun komputer quantum yang bisa membongkar semua sistem enkripsi, itu berarti kita akan bisa mengetahui semua dokumen, informasi dan pesan-pesan paling rahasia milik lawan,” kata dia. 

Karena itu, siapapun yang bisa membuat komputer seperti itu akan memiliki alat yang secara potensial bisa mengubah segala norma yang ada.

Kata David Ignatius kepada jaringan televisi C-span, komputer quantum juga bisa digunakan untuk maksud-maksud damai seperti pengembangan obat-obat baru atau bahan-bahan konstruksi baru yang membutuhkan perhitungan komputer yang rumit.

Tags

Berita Terkait