Rabu, 12 September 2018 14:11 WITA

Perkenalkan Rosetta, AI Pembaca Meme Buatan Facebook

Editor: Suriawati
Perkenalkan Rosetta, AI Pembaca Meme Buatan Facebook
Foto via Siliconangle

RAKYATKU.COM - Ada begitu banyak meme yang diposting di Facebook dan Instagram setiap hari. Sebagian besar dari mereka mungkin mengandung konten yang tidak pantas atau berbahaya.

Untuk itu, perusahaan telah membangun kecerdasan buatan canggih yang disebut Rosetta. Ini akan bertugas untuk membaca teks yang muncul di meme yang dibagikan ke Facebook dan Instagram.

Menurut Facebook, Rosetta mampu menganalisis lebih dari satu miliar gambar dalam satu hari. Uniknya, Rosetta memiliki kemampuan prediktif. Itu akan menganalisis gambar dan menggunakan data historis untuk memahami tulisan.

Proses dasar Rosetta bermuara pada dua langkah, yaitu memindai gambar untuk teks, dan kemudian menggunakan pengenalan teks untuk mengidentifikasi apa yang sebenarnya dikatakan teks. Begitu teks telah ditranskripsikan, sistem menafsirkan apa arti teks itu.

Melalui Rosetta, Facebook secara otomatis dapat mendeteksi dan menghapus kata-kata kebencian yang mungkin tidak dapat diidentifikasi sebelumnya.

Di masa depan, perusahaan berharap bisa menerapkan teknologi yang sama untuk teks dalam video, meskipun itu membutuhkan sistem yang lebih kompleks.