Sabtu, 08 September 2018 12:07 WITA

Jepang Akan Menguji Lift Ruang Angkasa Akhir Bulan Ini

Editor: Suriawati
Jepang Akan Menguji Lift Ruang Angkasa Akhir Bulan Ini
Foto via Ubergizmo

RAKYATKU.COM - Tim peneliti dari Jepang akan menguji lift ruang angkasa akhir bulan ini. Percobaan akan menggunakan lift miniatur, berupa kotak berukuran 6x3 sentimeter dan tinggi tiga sentimeter.

Lift miniatur tersebut akan diuji di dua satelit miniatur, yang dihubungkan degan kabel sepanjang 10 meter. Nantinya, lift akan keluar dari wadah di salah satu satelit dan berjalan di sepanjang kabel. Tes ini akan dipantau dengan kamera di satelit.

Untuk melakukan pengujian tersebut, tim terlebih dahulu harus mengirimkan lift miniatur dan dua satelit miniatur di ruang angkasa, melalui roket H-2B. Itu akan diluncurkan minggu depan dari pulau selatan Tanegashima.

Peralatan uji dikembangkan oleh para peneliti di Universitas Shizuoka, dan sebuah perusahaan konstruksi yang berbasis di Jepang, Obayashi.

Keduanya secara terpisah bekerja dengan menggunakan metode lain untuk mengembangkan lift sendiri. Menurut Ubergizmo, salah satu metode bisa menggunakan teknologi nanotube karbon yang dapat membangun poros angkat sekitar 60.000 mil di atas Bumi.

"Ini akan menjadi percobaan pertama di dunia untuk menguji gerakan elevator di luar angkasa," kata seorang juru bicara Universitas Shizuoka.

Jika pengujian ini berhasil, ini akan memungkinkan wisatawan untuk mengunjungi ruang angkasa pada tahun 2050.