Sabtu, 08 September 2018 09:42 WITA

Jack Ma Mundur Sebagai Pemimpin Eksekutif Alibaba

Editor: Suriawati
Jack Ma Mundur Sebagai Pemimpin Eksekutif Alibaba
Jack Ma (Getty Images)

RAKYATKU.COM - Jack Ma akan meninggalkan perannya sebagai Pemimpin Eksekutif Alibaba Group pada hari Senin, tepat di ulang tahunnya yang ke-54. Namun dia akan tetap berada di dewan direksi Alibaba.

Ma mengatakan pada The New York Time bahwa alasannya adalah, dia ingin mendedikasikan lebih banyak waktu dan kekayaannya untuk filantropi, dengan menciptakan yayasan atas namanya sendiri yang berfokus pada pendidikan, mengikuti jejak miliarder Bill Gates.

Ma mendirikan Alibaba bersama 17 orang lainnya pada tahun 1999. Dia membantu membangun perusahaan itu menjadi perusahaan senilai $420 miliar.

Sekarang lebih dari 500 juta pelanggan menggunakan situs tersebut untuk membeli semuanya, mulai dari pakaian hingga semen. Alibaba kini juga menangani pembayaran digital, perbankan online, komputasi cloud serta media digital dan hiburan. 

Selama masa jabatannya di Alibaba, Ma menjadi orang terkaya di China. Menurut Bloomberg Billionaires Index, ia memiliki kekayaan bersih lebih dari $40 miliar. Dia juga telah menjadi salah satu pemimpin perusahaan yang paling diakui di China.

Tags