Kamis, 06 September 2018 17:06 WITA

Survei: 26 Persen Pengguna Hapus Aplikasi Facebook dari Ponselnya

Editor: Suriawati
Survei: 26 Persen Pengguna Hapus Aplikasi Facebook dari Ponselnya
CEO Facebook Mark Zuckerberg

RAKYATKU.COM - Popularitas Facebook tampaknya mulai merosot. Sebuah survei yang dilakukan oleh Pew Research Center di AS menemukan bahwa 26 persen orang telah menghapus aplikasi Facebook dari ponsel mereka.

Survei tersebut juga mengungkapkan bahwa 42% pengguna mengambil jeda berminggu-minggu untuk membuka Facebook.

Yang paling mengkhawatirkan, penelitian Pew menemukan perbedaan reaksi pengguna dari kalangan usia berbeda. Pengguna yang lebih muda (berusia 18 hingga 29 tahun) rupanya yang paling mungkin menghapus aplikasi Facebook dalam satu tahun terakhir.

Survei itu melibatkan 4.594 orang, dan dilakukan antara 29 Mei hingga 11 Juni.

Menurut dugaan, hasil survei itu mungkin dipengaruhi oleh skandal Cambridge Analytica, di mana sekitar 87 juta data pengguna Facebook digunakan tanpa izin.

Penelitian lain dari Pew, yang dilakukan pada saat yang sama menunjukkan bahwa banyak pengguna AS tidak mengerti bagaimana cara News Feed Facebook bekerja.

Ketika ditanya apakah mereka memahami mengapa postingan tertentu tidak muncul dalam Feed mereka, sekitar setengah dari orang dewasa AS yang menggunakan Facebook (53%) mengatakan mereka tidak tahu.

Seperti diketahui, Facebook menawarkan beberapa alat bagi pengguna untuk mengontrol apa yang mereka lihat di Feed, seperti memprioritaskan orang-orang tertentu atau menyembunyikan posting dari orang lain.