Sabtu, 01 September 2018 13:33 WITA

Keren, Font Tulisan Tangan Jokowi Sudah Ada di Android 

Editor: Abu Asyraf
Keren, Font Tulisan Tangan Jokowi Sudah Ada di Android 
Perbandingan tulisan tangan Jokowi dan font Jekawe. (FOTO: TWITTER)

RAKYATKU.COM - Ada kabar gembira bagi pengguna Android. Mulai saat ini, sudah bisa menggunakan model tulisan tangan Presiden Joko Widodo. Namanya, Jekawe, hasil karya Arwan OD.

"Sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan kami kepada presiden Indonesia saat ini, Joko Widodo atas dedikasi dan loyalitasnya dalam memimpin dan membangun Indonesia," ujar Arwan tentang font Jekawe tersebut seperti dikutip dari laman Locomotype.com, Sabtu (1/9/2018).

Font Jekawe mengkonversi gaya tulisan tangan Jokowi menjadi sebuah font. Arwan mengatakan, personal project Locomotype tidak terafiliasi dengan pihak manapun, sehingga siapapun bisa menggunakan font ini tanpa dibatasi oleh perbedaan pandangan politik tertentu.

"Awalnya kami sempat berandai-andai, jika saja bisa mendapatkan secara lengkap tulisan tangan pak Jokowi mulai dari uppercase, lowercase, number, simbol hingga tanda baca, tentu ini akan lebih menantang dan menarik atau setidaknya kami memiliki lebih banyak transkrip tulisan tangan asli. Namun siapalah kami yang hanya remukan rengginang, belum berani bermimpi ketemu pak Jokowi," lanjutnya.

Dia kemudian mencari referensi gaya tulisan Jokowi lewat Google. Dia menemukan beberapa transkrip tulisan tangan Jokowi. Dia lalu menjiplak sebanyak mungkin setiap karakter berbeda. Terbanyak karakter huruf kecil.

"Kami mengalami kesulitan saat mengolah karakter huruf besar (uppercase), simbol dan tanda baca (punctuation). Di sini kami lebih banyak melakukan improvisasi berdasarkan lowercase dan beberapa uppercase yang berhasil kami kumpulkan. Sehingga kami tidak menggaransi jika font Jekawe ini akan 100% persis tulisan tangan pak Jokowi," urainya.

Font ini bisa diterapkan di software Ms Word ataupun telepon genggam dengan sistem operasi Android dan iOS.

"Horeee! Akhirnya terealisasi juga keinginan bikin font dari bentuk tulisan tangan Pak @Jokowi. Font ini bernama #Jekawe, diambil dari nama sumber referensinya. Bisa diunduh secara gratis,” cuit @arwanOD seperti dikutip pada Sabtu (1/9/2018).
 

Berita Terkait