Selasa, 28 Agustus 2018 14:58 WITA

YouTube Mulai Hitung Waktu yang Anda Habiskan untuk Nonton Video

Editor: Suriawati
YouTube Mulai Hitung Waktu yang Anda Habiskan untuk Nonton Video
Gizmodo

RAKYATKU.COM - Google telah memperluas kampanye kesehatan online-nya ke YouTube, seolah-olah untuk memperingatkan Anda agar tidak menonton video terlalu lama.

Alat-alat baru itu terdiri dari kumpulan statistik yang memberi tahu Anda berapa banyak waktu yang Anda habiskan untuk menonton YouTube. Ini juga dilengkapi dengan pilihan untuk menetapkan batas waktu, sehingga Anda tahu kapan harus berhenti.

Statistik tersebut akan menampilkan rincian yang dibagi dalam beberapa kategori, yaitu hari ini, kemarin, minggu lalu, dan rata-rata mingguan.

Data ini didasarkan pada apa yang ada dalam riwayat tontonan Anda. Jadi jika Anda membersihkan riwayat Anda atau mematikannya, maka YouTube tidak dapat memberikan informasi waktu menonton yang akurat.

Satu lagi, jika Anda memiliki beberapa saluran di bawah satu akun Google yang sama, maka Anda harus beralih kembali ke akun utama Anda untuk melihat jam menonton Anda.

Sayangnya, tidak diketahui apakah YouTube menghitung waktu saat pengguna video offline.

Fitur baru YouTube ini akan diluncurkan secara bertahap, tapi itu akan tersedia secara luas sebelum akhir pekan.

Untuk memeriksa waktu yang Anda habiskan di Youtube melalui aplikasi smartphone cukup sederhana. Bukan YouTube lalu klik foto Anda di pojok kanan atas untuk membuka menu pengaturan, selanjutnya cari opsi yang bertuliskan Time watched. Sedangkan untuk desktop, tampaknya Google belum memperbarui antarmuka webnya.

Tags