Senin, 27 Agustus 2018 05:30 WITA

Ini Alasan Kamu Harus Segera Ganti Password Instagram

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Ini Alasan Kamu Harus Segera Ganti Password Instagram
Ilustrasi.

RAKYATKU.COM - Instagram tidak bisa dipungkiri kini jadi salah satu media sosial paling populer dan banyak digunakan. Sayangnya, masih banyak celah di aplikasi ini yang menyebabkannya mudah diretas atau sekedar disusupi hacker.

Banyak orang punya kecenderungan membuat satu password untuk digunakan seterusnya, bahkan selama-lamanya. Ada pula yang menggunakan satu kombinasi password yang sama untuk berbagai akun di beragam platform berbeda. 

Padahal, mengganti password terkadang dibutuhkan, termasuk untuk akun Instagram. Berikut beberapa alasannya.

1. Serangan Hacker Rusia

Baru-baru ini, Instagram sedang dihebohkan dengan puluhan juta akun yang berhasil diretas oleh sekelompok hacker yang diyakini berasal dari negara terluas di dunia, Rusia. Dilansir dari situs Tom's Guide, hacker tersebut mengubah foto profil dan mengganti alamat email akun-akun Instagram tersebut menjadi email dengan domain Rusia.

Hebatnya, mereka bahkan sukses menerobos keamanan otentikasi dua faktor. Meski belum jelas tujuannya, puluhan juta akun yang diretas ini disinyalir digunakan sebagai bot oleh para hacker. Untuk menangkal serangan ini, salah satu cara paling mudah buat kamu adalah mengganti password Instagram sekarang alias saat ini juga.

2. Satu Password Untuk Semua, Salah!

Kamu termasuk tipe orang yang menggunakan satu kombinasi password untuk semua akun di internet, entah email, Facebook, Twitter hingga Instagram? Perilaku seperti itu sangat disarankan untuk segera diubah. Menggunakan satu jenis password bisa sangat berbahaya jika salah satu akun kamu diretas, maka akun lainnya kemungkinan besar akan ikut diretas. Jika demikian, segera ganti password Instagram kamu sekarang ya.

3. Pengamanan Rutin

Mungkin terdengar sepele dan merepotkan buat sebagian orang, tapi mengganti password secara berkala ternyata adalah salah satu cara menjaga keamanan akun Instagram yang paling ampuh lho. Dengan rutin mengganti password secara berkala (misal: 3-4 bulan sekali), maka akan semakin menyulitkan hacker untuk meretas akun Instagram kamu. Pun begitu dengan akun-akun penting lainnya.

4. Hack via Layanan Auto Follow

Kamu yang ingin panjat sosial di Instagram seringkali menggunakan fitur atau layananj auto follow. Tak ada yang melarang memang, tapi layanan tersebut nyatanya malah bisa membahayakan akun kamu. 

Dilansir Jalantikus, akun kamu akan menjadi rawan hack terutama jika penyedia layanan auto follow yang kamu gunakan belum jelas asal-usulnya. Jika memang sudah terlanjur menggunakan. lebih baik segera ganti password Instagram kamu sebagai tindakan pencegahan ya.

5. Melatih Ingatan

Terlalu sering gonta-ganti password pastinya meningkatkan risiko kamu melupakan password yang sedang digunakan saat itu. Tapi sisi baiknya, kamu jadi bisa melatih ingatan kamu, bukan? Jika memang sulit, kamu tentunya wajib menyimpan setiap password yang kamu ubah dan sedang gunakan dalam satu file atau aplikasi pengingat khusus.