Rabu, 22 Agustus 2018 16:50 WITA

Pesawat Terbang Terbesar di Dunia Bisa Mencapai Langit Segera

Editor: Suriawati
Pesawat Terbang Terbesar di Dunia Bisa Mencapai Langit Segera
Ilustrasi pemandangan pesawat Stratolaunch dan pesawat kecil yang dirancang untuk diluncurkan bersamanya (Foto: Reuters)

RAKYATKU.COM - Stratolaunch Systems, sebuah perusahaan yang dimiliki oleh co-founder Microsoft, Paul Allen mengumumkan rencana menguji pesawat terbesar di dunia dalam waktu dekat.

Itu adalah pesawat kargo antariksa dengan rentang sayap 385 kaki  (117 meter) dan disebut-sebut akan menjadi cara terbaik untuk menyalurkan satelit ke luar angkasa dalam skala besar.

Perusahaan berharap itu bisa menjadi solusi di tengah tingginya kebutuhan akan pesawat yang dapat menempatkan satelit ke orbit.

Meskipun awalnya peluncuran roket dijadwalkan setelah 2020 dan pesawat besar itu masih dalam pengujian pra-penerbangan, Allen mengatakan bahwa itu bisa terbang ke langit dalam beberapa minggu ke depan.

"Ketika Anda melihat pesawat raksasa itu, itu sedikit gila," kata Allen kepada Steven Levy dari Wired dalam wawancara tentang proyek tersebut. 

"Dan Anda tidak membangunnya kecuali Anda sangat serius, bukan hanya ingin melihat pesawat terbang tapi untuk melihatnya memenuhi tujuannya."

Pesawat Stratolaunch dirancang untuk membawa roket dan muatan dengan berat gabungan hingga 550.000 pound (250.000 kg). Mulai 2020, sekitar 800 satelit kecil rencananya akan diluncurkan setiap tahun, itu lebih dari dua kali lipat rata-rata tahunan selama dekade terakhir.