Minggu, 12 Agustus 2018 17:41 WITA

NASA Telah Meluncurkan Parker Probe Solar Menuju Matahari

Editor: Suriawati
NASA Telah Meluncurkan Parker Probe Solar Menuju Matahari
NASA

RAKYATKU.COM - Parker Solar Probe milik NASA telah diluncurkan dari Cape Canaveral, Florida, pada hari Minggu (12/08/2018) pukul 1:01 siang (waktu setempat).

Pesawat ruang angkasa itu akan melakukan perjalanan ke atmosfer Matahari, Korona. Itu sekitar 3,8 juta mil dari permukaan Matahari.

Peluncuran pada awalnya dijadwalkan pada hari Sabtu pagi, tapi kesalahan teknis di menit terakhir memicu penundaan peluncuran.

Dibawa oleh United Launch Alliance Delta IV Heavy, salah satu roket terkuat di dunia, Parker Solar Probe akan meluncur ke arah Matahari dengan energi 55 kali lebih besar daripada yang dibutuhkan untuk mencapai Mars.

“Kerja keras selama delapan tahun oleh para insinyur dan ilmuwan yang tak terhitung jumlahnya akhirnya membuahkan hasil,” kata Adam Szabo, ilmuwan misi untuk Parker Solar Probe di Goddard Space Flight Center NASA di Greenbelt, Maryland.

Selama misinya, Parker Solar Probe akan memanfaatkan gravitasi Venus untuk menyelesaikan tujuh flybys selama tujuh tahun, untuk secara bertahap membawa orbitnya lebih dekat ke Matahari.

Pada pendekatan terdekatnya pada 2024, probe itu akan melakukan perjalanan sekitar 430.000 mil/jam, dan menetapkan rekor kecepatan baru untuk objek buatan manusia.

Untuk menyelesaikan misi beraninya, Parker harus menahan panas hampir 2.500 derajat Fahrenheit. Untuk mencapai hal ini, probe itu akan dilindungi oleh perisai carbon composite khusus berukuran 4,5 inci.

Tags