Kamis, 09 Agustus 2018 14:25 WITA

Facebook Minta Maaf atas Kesalahan Balon 'Selamat' untuk Gempa di Lombok

Editor: Suriawati
Facebook Minta Maaf atas Kesalahan Balon 'Selamat' untuk Gempa di Lombok
Twitter @hermansaksono

RAKYATKU.COM - Facebook telah meminta maaf atas kesalahan yang memunculkan balon selamat pada postingan terkait gempa bumi mematikan di Lombok.

Banyak pengguna Indonesia menulis pesan di Facebook menggunakan kata 'selamat' yang berarti 'aman' atau 'lolos dari bencana'. Tapi 'selamat' juga merujuk pada perayaan.

Nah jika Anda pengguna Facebook, Anda pasti memperhatikan bahwa kata 'Selamat' di media sosial itu ditandai Bold, dan menampilkan animasi balon.

Dalam sebuah pernyataan, juru bicara Facebook mengatakan bahwa "Fitur (animasi otomatis untuk 'ucapan selamat' dalam postingan) tersedia secara luas di Facebook secara global."

"Namun kami minta maaf karena itu muncul dalam konteks yang tidak menguntungkan ini dan sejak itu (kami telah) mematikan fitur tersebut secara lokal."

Gempa berkekuatan 6,9 SR menghantam Lombok pada hari Minggu, menewaskan sedikitnya 131 orang, dikutip Kompas.com. Bencana itu juga menyebabkan ribuan orang kehilangan tempat tinggal.

Namun ada laporan bertentangan mengenai jumlah korban tewas, di mana CNN Indonesia melaporkan bahwa jumlah korban tewas telah melonjak menjadi 347 orang.