Senin, 06 Agustus 2018 12:17 WITA

Lebih Enam Juta Pekerja Inggris Khawatir Digantikan oleh Mesin

Editor: Suriawati
Lebih Enam Juta Pekerja Inggris Khawatir Digantikan oleh Mesin
Getty Images

RAKYATKU.COM - Lebih dari enam juta pekerja di Inggris khawatir pekerjaan mereka dapat digantikan oleh mesin selama dekade berikutnya, menurut temuan Komisi Masyarakat dan Komunitas Fabian Inggris.

Dari jajak pendapat yang berlangsung selama dua tahun di seluruh negeri, ditemukan bahwa lebih dari 37% orang khawatir pekerjaan mereka akan berubah menjadi buruk selama dekade berikutnya.

Namun beberapa orang mengatakan mereka percaya pemerintah atau serikat pekerja sedang membuat persiapan yang memadai untuk menyambut bidang pekerjaan teknologi.

Sementara hanya 16% mengatakan serikat pekerja di tempat kerja mereka telah mengambil langkah untuk memastikan teknologi akan meningkatkan kehidupan kerja mereka.

Temuan ini mengikuti beberapa penelitian lain mengenai dampak dari penggunaan teknologi yang lebih besar dalam perekonomian. IPPR thinktank memperkirakan sebanyak 44% dari pekerjaan di Inggris layak diotomatisasi selama dekade mendatang, setara dengan lebih dari 13,7 juta orang.

Para ekonom khawatir pekerjaan berpenghasilan rendah dan pekerjaan manual akan paling berisiko, dan memberi tekanan lebih besar pada negara karena semakin banyak orang yang menganggur.

"Kami harus memastikan bahwa otomatisasi dan revolusi digital tidak memperluas ketidaksetaraan dan bahwa setiap orang mendapat bantuan dan dukungan yang mereka butuhkan," kata  ketua komisi, Yvette Cooper.

"Kami perlu memastikan bahwa otomatisasi adalah peluang dan bukan ancaman bagi pekerja Inggris."

Tapi, sejauh ini beberapa perusahaan di Inggris sudah mulai melepaskan pekerjaan demi otomatisasi, termasuk retail online Shop Direct, yang awal tahun ini memperingatkan 2.000 pekerjaan beresiko kehilangan pekerjaan, karena pindah ke pusat distribusi baru.

Bank of England sebelumnya juga telah memperingatkan bahwa hingga 15 juta pekerjaan di seluruh Inggris bisa terancam.

Tags