Senin, 06 Agustus 2018 10:22 WITA

Curiosity NASA Nyanyikan 'Happy Birthday' untuk Dirinya Sendiri di Mars

Editor: Suriawati
Curiosity NASA Nyanyikan 'Happy Birthday' untuk Dirinya Sendiri di Mars
Curiosity NASA

RAKYATKU.COM - Curiosity, rover NASA yang menjelajahi Mars, menyanyikan selamat ulang tahun untuk merayakan ulang tahun keenam pendaratannya di planet merah.

Curiosity mendarat di Mars pada 5 Agustus 2012 setelah diluncurkan pada 26 November 2011.

"Ia lahir di Mars hari itu, jadi kami mempertimbangkan hari itu hari ulang tahunnya," jelas teknisi listrik NASA, Florence Tan.

Tan, yang bekerja sebagai bagian dari Analisis Sampel NASA di tim Mars (SAM), menjelaskan bagaimana bajak itu mampu bermain musik meskipun tidak membawa alat musik apa pun.

Dia mengatakan bahwa ia menggunakan SAM, seperangkat instrumen ilmiah yang dikembangkan oleh Pusat Penerbangan Luar Angkasa Goddard NASA, bersama dengan mitra lainnya, untuk mendengungkan lagu.

Ini termasuk sejumlah spektrometer yang mampu mendapatkan pengukuran molekul di atmosfer Mars.

Ia juga mampu mempelajari dan mengambil sampel tanah, tapi harus dapat mengguncangnya untuk menganalisisnya.

Insinyur NASA memungkinkan SAM untuk bergetar - dengan suara - untuk menggoyang sampel tanah ini, dan insinyur NASA telah memprogram SAM untuk memainkan lagu ulang tahun yang bahagia pada hari ulang tahun Curiosity setiap tahun.

Curiosity telah menjadi landasan bagi misi Mars 2020 NASA yang baru, meskipun sebuah penelitian baru-baru ini yang disponsori oleh NASA telah menyatakan bahwa mimpi mengubah planet menjadi koloni manusia jangka panjang yang dapat dihuni secara ilmiah tidak mungkin dengan teknologi saat ini.

Namun, kehidupan dalam beberapa bentuk mungkin sudah ada di sana, karena massa air cair yang besar dan stabil telah terdeteksi di bawah tutup es selatan planet. Air cair adalah kebutuhan penting untuk kehidupan seperti yang kita pahami.

Kondisi di danau mungkin keras - dan tidak cocok untuk ikan atau organisme kompleks - tapi beberapa mikroba mungkin dapat bertahan hidup.

Tags