Sabtu, 04 Agustus 2018 09:30 WITA

Game Fortnite untuk Android Tidak Akan Dirilis di Play Store

Editor: Suriawati
Game Fortnite untuk Android Tidak Akan Dirilis di Play Store

RAKYATKU.COM - Pengembang game Fortnite telah mengkonfirmasi bahwa aplikasi mereka tidak akan tersedia di toko aplikasi Google Play, ketika itu dirilis untuk smartphone Android.

Google Play store memungkinkan pengguna Android membeli dan mengunduh aplikasi menggunakan antarmuka yang sederhana, meskipun Google mengambil potongan penjualan sebesar 30%.

Chief Executive Epic Games, Tim Sweeney mengatakan 30% itu "tidak proporsional" dengan kontribusi yang dibuat Google.

Sweeney mengatakan pajak toko 30% dari Google adalah biaya tinggi di dunia, sementara pengembang game hanya memperoleh 70%, dan harus menanggung semua biaya pengembangan, pengoperasian, dan dukungan game mereka.

Permainan ini gratis untuk dimainkan, tapi gamer dapat memilih untuk membeli penyesuaian aksesoris seperti pakaian dan gerakan untuk karakter mereka.

Studio belum mengumumkan kapan game Fortnite akan tiba di Android. Namun laporan Slashgear mengklaim bahwa itu akan dirilis ekslusif pada Samsung Galaxy Note 9, kemudian perangkat lain akan menyusul satu bulan kemudian.

Karena tidak tersedia di Play Store, game ini akan dirilis melalui file game side-loaded, sebagai apk pihak ketiga. Untuk bisa diinstal di Android, pemilik smartphone harus mengizinkan instalasi dari sumber yang tidak dikenal.

Namun cara ini tidak disarankan oleh Google, karena dapat menimbulkan risiko keamanan.

Fortnite sudah tersedia untuk diunduh di PlayStation 4, Xbox One dan Nintendo Switch melalui toko resmi masing-masing platform. Ini juga tersedia di iPhone dan iPad melalui app store Apple, di mana Apple mengambil potongan penjualan sebesar 30%.

Fortnite Battle Royale telah menjadi hit global dan memiliki lebih dari 125 juta pemain di seluruh dunia.