Rabu, 01 Agustus 2018 14:26 WITA

Apple Tersingkir, Huawei Jadi Pembuat Smartphone No 2 di Dunia

Editor: Suriawati
Apple Tersingkir, Huawei Jadi Pembuat Smartphone No 2 di Dunia
Foto" AFP

RAKYATKU.COM - Pembuat ponsel China, Huawei telah menggeser Apple dari posisi kedua sebagai pembuat smartphone top global selama kuartal kedua tahun ini, menurut IDC Worldwide Quarterly Mobile Phone Tracker.

Laporan peringkat ini dirilis oleh International Data Corporation pada hari Selasa (31/07/2018). 

Raksasa elektonik Kores Selata Samsung, tetap berada di puncak, dengan 71,5 juta penjualan. Sementara Huawei yang pindah ke posisi kedua menjual sebanyak 54,2 juta.

Apple yang berbasis di Silicon Valley hanya menjual 41,3 juta iPhone pada kuartal kedua tahun ini.

Untuk pangsa pasar, Samsung mengklaim 20,9 persen dari pasar global, Huawei 15,8 persen, dan Apple 12,1 persen.

"Pertumbuhan Huawei yang terus berlanjut sangat mengesankan, paling tidak, seperti kemampuannya untuk pindah ke pasar di mana merek tersebut tidak dikenal," kata Ryan Reith, wakil presiden program dengan IDC Worldwide Mobile Device Trackers.

Ini adalah pertama kalinya sejak tahun 2010 Apple tidak berada di salah satu dari dua tempat teratas di pasar smartphone, menurut IDC.

Tapi, Apple diperkirakan akan merebut kembali kendali pasar dengan peluncuran model iPhone baru di musim gugur.

Temuan IDC juga menunjukkan bahwa total 342 juta smartphone dikirim pada kuartal kedua tahun ini, dengan penurunan 1,8 persen dari periode yang sama tahun sebelumnya.

Kejenuhan dan kenaikan harga jual rata-rata adalah beberapa faktor-faktor yang membatasi pertumbuhan pasar smartphone, kata manajer riset Worldwide Quarterly Mobile Phone Tracker, Anthony Scarsella.