Senin, 30 Juli 2018 17:21 WITA

AI Bisa Prediksi Kepribadian Anda Dengan Memindai Mata Anda

Editor: Suriawati
AI Bisa Prediksi Kepribadian Anda Dengan Memindai Mata Anda
INT

RAKYATKU.COM - Sering dikatakan bahwa mata adalah jendela bagi jiwa, dan bisa mengungkapkan apa yang kita pikirkan atau rasakan.

Sekarang, seperangkat algoritma machine-learning yang canggih mampu memprediksi kepribadian manusa dengan melakukan pemindaian di mata.

Peneliti itu dilakukan oleh tim dari University of South Australia, University of Stuttgart, Flinders University dan Max Planck Institute for Informatics di Jerman.

Mereka memantau pergerakan mata dari 42 peserta, menggunakan pelacak mata berbasis video dari SensorMotoric Instruments. Para peneliti kemudian menilai ciri kepribadian mereka menggunakan kuesioner.

Dari sifat-sifat kepribadian "lima besar" (keterbukaan, hati nurani, ekstraversi, keramahan dan neurotisisme), kecerdasan buatan mampu mengidentifikasi empat ciri, yaitu neurotisisme, keterbukaan, keramahan, dan ketelitian.

Dr. Tobias Loetscher dari UniSA mengatakan, "Tentu saja ada potensi temuan ini untuk meningkatkan interaksi manusia-mesin. Orang-orang selalu mencari perbaikan, layanan yang dipersonalisasi. Namun, robot dan komputer saat ini tidak sadar secara sosial, sehingga mereka tidak dapat beradaptasi dengan isyarat verbal."

Dr Loetscher mengatakan temuan itu juga memberikan jembatan penting antara studi laboratorium yang dikontrol ketat dan studi tentang gerakan mata alami di lingkungan dunia nyata.

Temuan dipublikasikan dalam jurnal Frontiers in Human Neuroscience.