Senin, 30 Juli 2018 12:50 WITA

Smartphone 2018 yang Memiliki Baterai Paling Tahan Lama

Editor: Suriawati
Smartphone 2018 yang Memiliki Baterai Paling Tahan Lama
INT

RAKYATKU.COM - Daya tahan baterai adalah salah satu hal terpenting yang perlu dipertimbangkan saat membeli telepon baru.

Tapi bagaimana mengetahui baterai mana yang paling baik? Pertanyaan itu telah dijawab oleh Digital Trends dengan menguji sejumlah smartphone populer 2018, termasuk OnePlus 6, LG G7, Galaxy S9 Plus, iPhone X, Google Pixel 2 XL, dan Huawei P20 Pro.

Setiap telepon disetel ke kecerahan yang sama, terhubung ke jaringan Wi-Fi yang sama, dan menjalankan akun media sosial yang sama.

Smartphone 2018 yang Memiliki Baterai Paling Tahan LamaMereka memulai dengan menjalankan video game selama 30 menit, yang membuat setiap ponsel memiliki masa pakai baterai setidaknya 91 persen (P20 Pro memimpin dengan 94 persen). 
Selanjutnya, mereka membuka Instagram selama satu jam, yang menampilkan video konstan. Dalam pengujian ini iPhone X unggul dengan masih menyisahkan 87 persen baterai, sementara LG G7 dengan cepat turun menjadi 77 persen.

Pengujian selanjutnya adalah menjalankan Google Maps di setiap ponsel selama 30 menit dan merekam video berdurasi 30 menit.

Setiap perangkat masih memiliki baterai di atas 50 persen setelah dua setengah jam pengujian, namun, LG G7 tetap di urutan terakhir dengan 52 persen.

Setelah streaming video di YouTube selama dua jam, Huawei masih menyisahkan 56 persen dan LG G7 turun menjadi hanya 25 persen baterai.

Pengujian belum berakhir, karena diperlukan satu jam lagi untuk menjelajah web, satu jam untuk menonton video di Facebook, dan tambahan dua jam streaming di SoundCloud. Dan tambahan dua jam lagi untuk menonton di YouTube.

Rupanya, LG G7 menjadi smartphone yang pertama mati, setelah menjalani pengujian enam jam dan 45 menit. Selanjutnya Pixel 2 XL hanya mampu bertahan selama sembilan jam dan 5 menit.

Selanjutnya adalah iPhone X yang mati setelah sembilan jam dan 30 menit. Galaxy S9 Plus mati sekitar 10 jam, diikuti oleh OnePlus 6 kira-kira 40 menit kemudian.

Pemenangnya adalah Huawei P20 Pro, yang berlangsung 11 jam.