Kamis, 26 Juli 2018 18:03 WITA

Hacker Rusia Punya Potensi Padamkan Internet

Editor: Andi Chaerul Fadli
Hacker Rusia Punya Potensi Padamkan Internet
ilustrasi

RAKYATKU.COM - Peretas Rusia menyusup ke utilitas listrik Amerika Serikat tahun lalu dan memiliki kemampuan untuk menyebabkan pemadaman internet luas, Departemen Keamanan Dalam Negeri (DHS) mengatakan dalam sebuah pertemuan pada Senin lalu.

Symantec pertama kali melaporkan pada kampanye peretasan oleh kelompok Dragonfly yang disponsori negara yang menargetkan puluhan korban di sektor energi AS pada tahun 2017.

Tapi ini adalah pertama kalinya DHS telah memberikan informasi rinci tentang insiden dalam pengaturan tidak berbintang dan mengatakan peretasan itu mempengaruhi "ratusan korban".

Serangan dimulai pada 2016 dan berlanjut hingga 2017, dan pejabat DHS mengatakan kemungkinan kampanye masih berlangsung.

Dengan terlebih dahulu menembus jaringan vendor yang dipercaya perusahaan listrik, peretas untuk Dragonfly, yang juga dikenal sebagai Energetic Bear, dapat mengakses jaringan utilitas, The Wall Street Journal melaporkan Senin, mengutip pejabat di DHS.

Rusia menggunakan scam phishing email dan situs web palsu untuk mendapatkan akses ke jaringan perusahaan.

"Mereka sampai pada titik di mana mereka dapat beralih" dan menyebabkan pemadaman listrik, kata Jonathan Homer, kepala analisis sistem kontrol industri untuk DHS.

Para ahli mengatakan kepada The Journal bahwa tidak jelas apakah serangan itu dilakukan secara terpisah atau sebagai persiapan untuk operasi yang lebih besar, dikutip dari Business Insider, Kamis (26//7/2018).

Konfirmasi DHS datang di tengah hubungan yang semakin tegang antara Moskow dan Washington.

Awal bulan ini , 12 agen intelijen Rusia didakwa sehubungan dengan peretasan Komite Nasional Demokrat sebelum pemilihan AS tahun 2016.

Tags